SLBN Jamanis Butuh Guru Pendamping Khusus

0
55

TASIKMALAYA, (SMI).-
Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Jamanis Kecamatan Jamanis Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat merupakan Lembaga pendidikan yang ditunjuk khusus oleh  pemerintah sebagai Pusat Sumber (Resourse Center) untuk membantu pendidikan inklusif yang diselenggarakan di sekolah Reguler.

Pendidikan inklusif yang diselenggarakan memerlukan dukungan teknis, terutama bagi anak berkebutuhan khusus, seperti tunanetra, tunagrahita, tunarungu, dan autism. Untuk itu harus memiliki guru pendamping  khusus  (GPK).

Pusat sumber (Resourse Center) adalah lembaga yang dibentuk untuk pengembangan pendidikan Inklusif dan dapat dimanfaatkan oleh semua Anak Berkebutuhan Khusus, orang tua, keluarga dan masyarakat untuk memperoleh informasi, pelatihan dan keterampilan.

Menurut Kepala SLBN Jamanis Drs. H. Aang Ansori ketika ditemui dikantornya (12/2/18) Sekolah Inklusif diatur oleh Pemerintah dalam UU Pendidikan No 23 tahun 2002 pasal 48 tentang perlindungan anak dan UU No 20 tahun 2003 semua anak wajib mendapatkan pendidikan yang sama. Namun, saat ini yang menjadi kesulitan atau kendala untuk tenaga pendidik  Guru  Pendamping Khusus (GPK) karena belum ada SK dari Gubernur.

Lanjut Aang, di Tasikmalaya sudah ada lima sekolah yang ditunjuk oleh pemerintah untuk melayani dan melaksanakan  kegiatan belajar untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Untuk Sekolah Dasar (SD) 2 dan Sekolah Menengah Pertama  (SMP) 3.

Dalam rangka pengembangan, terbentuk kelompok belajar yang sudah berjalan di Sukaraja kidul Kecamatan Sukaraja dengan jumlah peserta didik tadinya dua puluh orang namun karena jarak yang jauh sekarang tinggal dua belas orang. Juga di Sukaraja Kecamatan Rajapolah ada 6 ABK, namun kesulitan yang sama adalah tenaga pengajarnya.

“Hal ini butuh kerjasama yang baik antara Pemerintah dengan SLB dalam teknik pembelajarannya karena sekolah tidak akan berjalan jika tidak ada guru khusus” tegas Aang.   (Anton)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here