Simulasi Pengamanan Pilpres 2019 Polda Jateng

1
24

SEMARANG, SMI.- 

Dalam Rangka mengawal pelaksanaan Pilpres dan Pileg 2019 mendatang, Polda Jawa Tengah menyiagakan 27.000 personel dan personel Gabungan dari TNI.

“Kami menyiapkan total 27.000 personel, nanti akan dibantu dari TNI sejumlah 9.000 orang serta instansi terkait seperti Linmas dan sebagainya dalam pengamanan Pileg dan Pilpres 2019 mendatang,” kata Kapolda Jateng  Irjen Pol Condro Kirono usai memimpin simulasi pengamanan Pileg dan Pilpres 2019, di Lapangan Bhayangkara Akpol Semarang, Selasa (18/9).

Condro berharap, semua tahapan pelaksanaan pesta demokrasi di Jawa Tengah nantinya dapat berjalan lancar, aman ,sejuk dan kondusif. Meski demikian, sebagai aparatur keamanan, Polri tidak akan tinggal diam dalam mengantisipasi segala hal yang tidak diinginkan.

“Kami harus siap siaga untuk menghadapi situasi jika ada perkembangan yang mengarah kepada konflik dan kerusuhan,”tegasnya.

Untuk itu tambah Condro, pihaknya sengaja menggelar simulasi gabungan dalam pelaksanaan pengamanan pesta demokrasi lima tahunan itu.

Dalam simulasi itu, diperagakan sejumlah kegiatan pengamanan, mulai pengamanan VIP pasangan calon presiden dan wakil presiden, pengamanan kampanye, pengamanan pencoblosan hingga rekapitulasi suara.

“Kami juga memperagakan bagaimana mengatasi kejadian konflik saat pelaksanaan pilpres, dengan mengerahkan anggota terlatih untuk menghalau massa jika terjadi huru hara,” jelasnya.

Condro menegaskan, nantinya seluruh jajaran di daerah diharapkan dapat melaksanakan simulasi serupa dan dapat bersinergi dengan instansi terkait agar pelaksanaan  hajat politik dapat berjalan aman, lancar dan kondusif.

Saat ditanya  daerah-daerah mana yang mendapat perhatian khusus, Condro menegaskan jika semua daerah mendapat perlakuan yang sama.

“Semua Kabupaten/Kota di Jawa Tengah ini kami antisipasi agar semua tahapan berjalan sesuai harapan,” Tandasnya. **Tomo

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here