Sifat dan Sikap yang Harus Dimiliki Guru

0
31

Guru sebagai tenaga pendidik memiliki pengaruh besar terhadap mental serta sikap peserta didik. Mereka dapat melihat sejauh mana kontribusi yang diberikan guru sejalan dengan tindakan dan sikap yang ditunjukan guru.

Keteladanan seorang guru, dapat dilihat dari sikap dan tutur kata ketika mengajar atau pada proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), dan bisa menempatkan diri dengan karakter peserta didik yang berbeda – beda. Guru yang memiliki keteladanan dapat menumbuhkan semangat belajar peserta didiknya sehingga pembelajaran dapat mudah di terima mereka.

Untuk dapat meraih hati para peserta didik, memang gampang – gampang susah. Ada beberapa kriteria yang umum harus dimiliki oleh seorang guru, kriteria tersebut Antara lain, bersifat mengayomi, memahami karakter peserta didik, bersifat terbua, tidak membeda bedakan, gemar membimbing dan ramah.

Sebaliknya, seorang guru yang berwatak keras, tidak peduli terhadap kondisi peserta didik, bersikap acuh tak acuh, sering meninggalkan kelas, bersikap pilih kasih, maka guru yang seperti itu harus menerima kunsekuensi tidak di sukai, atau bahkan tidak dihargai oleh peserta didik.

Selain memberikan pelajaran di kelas, guru juga berperan sebagai pembimbing (Konselor). Untuk menjadi konselor yang baik, seorang guru hendaknya memiliki kepribadian yang baik, pendidikan yang memadai, pengalaman, serta kemampuan yang mumpuni. Memberikan bimbingan kepada peserta didik bukan hanya tugas guru pembimbing saja. Akan tetapi semua guru dalam profesinya wajib memiliki kepribadian yang baik.

Pengalaman menjadi hal yang tidak kalah penting, karena seseorang yang memiliki pengalaman yang banyak tentunya pekerjaan yang dilakukannya akan semakin baik, dan cepat dalam penyelesaian suatu masalah.

Hendaknya seorang guru pembimbing untuk mendapatkan pengalaman yang banyak sering-seringlah mengikuti praktik mikro konseling (laboratorium BK) sampai praktik makro yang berkaitan dengan praktik pengalaman lapangan, sebagaimana implementasinya yaitu memberikan pelayanan bimbingan dan konseling terhadap peserta didik.

Demikianlah beberapa kriteria yang dapat diterapkan seorang guru, khususnya konselor agar dirinya dapat menjalankan profesinya dengan baik, tentunya seorang guru yang memiliki kepribadian yang baik, pendidikan yang tinggi, pengalaman yang banyak serta kemampuan, dapat memberikan motivasi tersendiri bagi peserta didik dalam upaya pengembangan diri.

Ayi Ahmad

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here