Siap Jadi Puskesmas Mandiri Terakreditasi

0
55

TASIKMALAYA, (SMI).-

Rencana Puskesmas Kadipaten Tasikmalaya yang akan menjadi Puskesmas Mandiri dan terakreditasi mendapat dukungan dari semua pihak. Masyarakat ingin agar Puskesmas Kadipaten Tasikmalaya segera menjadi Pusat kesehatan masyarakat, yang bisa melayani pasien secara maksimal dan tidak tergantung kepada Pemerintah. Karena Kecamatan Kadipaten cukup padat penduduknya, sudah tepat jika puskesmas Kadipaten berdiri secara mandiri.

Pada Dasarnya Puskesmas Kadipaten sudah memenuhi syarat untuk jadi puskesmas mandiri dan terakreditasi. Akreditasi merupakan sebuah pengakuan terhadap hasil dari proses penilaian external oleh komisioner Akreditasi terhadap puskesmas itu sendiri, apakah sesuai dengan standar Akreditasi yang di tetapkan.

Menurut Kepala Puskesmas Kadipaten H. Aep Saepudin SKM., M.SI sudah dilaksanakan dan sudah berjalan secara baik dan sesuai apa yang di harapkan masyarakat. Dan juga tentunya sudah mengacu kepada Undang undang no 36 Tahun 2009 tentang kesehatan di pasal 54 ayat (1) menyatakan bahwa, penelenggaraan pelayanan kesehatan di laksanakan secara bertanggung jawab Aman, bermutu serta serta merata dan tidak diskriminatif.

“Alhamdulillah ini semua sudah kami jalankan berkat kerjasama dan keinginan serta tanggung jawab sebagai pelayan masyarakat. Jadi, tidak berlebihan jika kami dan staf Puskesmas Kadipaten sudah siap terakreditasi dan Mandiri”. Pungkasnya.

Menanggapi hal tersebut, Muspika Kecamatan Kadipaten, Camat Kadipaten, Kapolsek Kadipaten, Danramil dan Masyarakat secara keseluruhan sangat mendukung dan berkeinginan agar Puskesmas Kadipaten bisa Mandiri. Bentuk dukungan ini dibuktikan dengan di bubuhkanya ratusan tanda tangan secara sukarela.

“Kami Muspika sangat mendukung adanya puskesmas yang bisa berdiri sendiri di Kecamatan Kadipaten ini. Sebab warga Kecamatan Kadipaten sangat padat. Jadi sudah tepat jika Puskesmas ini terakreditasi dan tentunya ini harapan seluruh masyarakat Kadipaten pada khususnya. Umumnya masyarakat Tasikmalaya. Jika puskesmas ini sudah mandiri, maka kami yakin akan sangat membantu warga masyarakat kadipaten terutama dalam hal penyelamatan ibu hamil dan di usahakan ada kamar rawat inap. Semoga saja keinginan kita bersama ini bisa terealisasi secepat mungkin demi terjaminya kesehatan warga kita” Ucapnya.

hal senada di katakan Kapolsek Kadipaten “Kami dari kepolisian sangat mendukung akan terakreditasinya Puskesmas Kadipaten. Sebab, kami mengamati jika ada warga kita atau warga luar Kadipaten yang mengalami musibah kecelakaan lalulintas, mengalami kendala akan penanganan secara cepat sebab petugas harus bawa pasien ke Puskesmas Ciawi di mana perjalanya cukup menyita waktu. Penanganan medisnya bisa saja terlambat ini yang kami sayangkan. Maka kami sangat mendukung sekali Puskesmas Kadipaten lebih modern dan terakreditasi. Agar masyarakat terjamin pelayanan kesehatanya. Dan kamipun menjamin Puskesmas kadipaten sudah memenuhi syarat untuk terakreditasi sehingga jadi Puskesmas yang Mandiri”. Ucapnya. (HS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here