Siap Dalam Kondisi Apapun

0
23

Ambarawa, SMInews.com Batalyon Kavaleri 2/Turangga Ceta merupakan satuan manuver yang berkedudukan langsung dibawah Pangdam IV/Diponegoro yang memiliki tugas pokok menyelenggarakan pertempuran di darat menggunakan kendaraan tempur berlapis baja kelas sedang/berat sebagai alat utamanya untuk mendekati dan menghancurkan kendaraan berlapis baja penggempur musuh dalam rangka mendukung tugas pokok Kodam IV/Diponegoro.   Guna mencapai tugas pokok tersebut diperlukan prajurit-prajurit yang memiliki profesionalisme tinggi agar memiliki kesiapan operasional untuk menghadapi tugas operasi. Profesionalisme prajurit dapat diwujudkan salah satunya harus dengan melaksanakan latihan  secara terencana, tercatat dan terukur agar memiliki kemampuan perorangan maupun kemampuan satuan yang handal. Pembinaan dan peningkatan kemampuan perorangan dan kemampuan satuan dilaksanakan dalam suatu siklus latihan dalam satu tahun melalui penyelenggaraan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut, dimana dalam siklus latihan tersebut dimulai dari latihan tingkat perorangan, tingkat Regu, tingkat Peleton, tingkat Kompi dan tingkat Batalyon serta latihan puncak adalah latihan antar kecabangan.

Yonkav 2/TC bermarkas di Ambarawa, Kab. Semarang, saat ini dibawah komando Komandan Batalyon Kavaleri 2/Turangga Ceta, Mayor Kav Faizal Arief Maulana Yusuf, S.I.P., dimana saat ini baru selesai melaksanakan Latihan Uji Siap Tempur Tk. Peleton selama 4 hari di daerah latihan Bringin, Kec. Tuntang, Kab. Semarang.

Danyonkav 2/TC menyampaikan melalui Pasiops Yonkav 2/TC, Letnan Satu Kav Dorma Asrindo Purba, S.T.Han., “bahwa Uji Siap Tempur (UST) Tk. Peleton Kavaleri merupakan salah satu rangkaian kegiatan latihan dalam siklus latihan satuan kavaleri yang bertujuan untuk menilai dan mengukur kesiapan satuan kavaleri tingkat peleton dalam melaksanakan operasi sesuai perintah dari komando atas, dalam hal ini Kodam IV/Diponegoro.  Pada prinsipnya, satuan Yonkav 2/TC harus selalu siap sedia kapanpun dan dalam konsisi apapun bila sewaktu-waktu diperlukan guna melaksanakan tugas operasi dan tugas negara dalam rangka menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI. Hal penting yang perlu kita ketahui bersama adalah walau dalam masa pandemi covid19 saat ini, satuan Yonkav 2/TC tetap melaksanakan latihan dengan mengikuti protokol kesehatan sesuai anjuran dan himbauan dari pemerintah dengan mewajibkan seluruh prajurit menggunakan masker selama pelaksanaan latihan dan menyediakan tempat cuci tangan serta handsanitizer di daerah latihan. Sehingga disamping kami tetap mengutamakan kesehatan para prajurit dengan menerapkan protokol kesehatan sekaligus juga memberikan contoh kepada masyarakat bahwa kita juga mengikuti anjuran dan himbauan dari pemerintah tentang protokol kesehatan saat ini,” tegas Komandan Batalyon Kavaleri 2/Turangga Ceta, Mayor Kav Faizal Arief Maulana Yusuf, S.I.P. melalui Pasiops Yonkav 2/TC, Letnan Satu Kav Dorma Asrindo Purba, S.T.Han kepada wartawan SMI.

Dengan motto TRI DAYA CAKTI, Batalyon Kavaleri 2/Turangga Ceta adalah satuan andalan Kodam IV/Diponegoro.

Pewarta : Ed

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here