Serah Terima Setipikat Tanah Desa Cibahayu

0
33

Tasikmalaya, SMI.- Kepala Desa Cibahayu Kecamatan Kadipaten Kabupaten Tasikmalaya Erlin Nuhrudi S.sy menyerahkan sertipikat tanah kepada 250 penerima warga Desa Cibahayu. Dalam sambutanya, Kades mengatakan bahwa himbauan adanya sertipikat tanah ini mulai dari tahun 2017 dan sudah di sosialisasikan kepada masyarakat.

“Memang pada dasarnya dalam pelaksanaanya lumayan banyak masalah atau kendala, terutama karena keterbataan pengurus sertipikat itu sendiri. Namun alhamdulilah sekalipun banyak tintangan, pembagian sertipikat bisa terlaksana dengan baik. Sebab PTSL tidak semudah yang kita bayangkan”Ucapnya.

Erlin juga mengatakan bahwa dalam proses pengukuran tanah sering terjadi komplain di mana yang punya tanah terkadang ada perbedaan antara yang punya tanah sehingga cukup rumit. Namun demikian, berkat kerjasama panitia dan Desa PTSL ini bisa selesai dengan jumlah 1.200 sertipikat.

“Mudah mudahan saja setelah masyarakat memiliki sertipikat akan menjadi bahan kepemikikan tanah yang sebenarnya. Pembagian sertipikat ini caranya bertahap tidak bisa seluruhnya di bagikan” pungkasnya.

BPN Kabupaten Tasikmalaya. Mengatakan bahwa 1.200 sertipikat dibagikan secara bertahap. “Mudah mudahan saja setelah bapak – bapak memiliki Sertipikat bisa di gunakan untuk selain untuk ketenangan bapak memiliki tanah dengan redmi juga bisa di gunakan untuk hal lain. Bagi yang belum menerima insa Alloh minggu yang akan datang mungkin bisa di bagikan lagi”Ucapnya.

Babinsa Desa Cibahayu, Dartika berharap agar Sertipikat ini digunakan sebagaimana mestinya. Jangan sampai sertipikat ini di simpan untuk kebutuhan di Intansi yang kurang jelas. Nantinya akan jadi masalah bagi si pemilik sertipikat itu sendiri.

Ditempat yang sama, Camat Kadipaten Asep Nurcjahyo menjelaskan bahwa, dengan bukti kepemilikan tanah itu bisa nyaman bagi si pemilik tanah. Karena sertipikat adalah legalitas yang resmi tentang kepemilikan tanah. Jadi, masyarakat perlu bangga dengan adanya program Prona ini karena mengurangi beban masyarakat.

“Kalau membuat sendiri sertpikat itu cukup mahal. Makanya kami ucapkan terimakasih kepada BPN Kabupaten Tasikmalaya atas dorongan pembuatan sertipikat ini. Dengan sudah memikiki sertipikat silahkan pegang dan jangan sampai hilang” Ucapnya.

Pewarta : HS

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here