Rumah Warga Desa Ngariboyo Diserbu Ribuan Ulat

0
22

Magetan, SMI.-

Ribuan ulat jati menyerbu rumah warga Desa Ngariboyo Kabupaten Magetan Jawa Timur  sejak Minggu siang (2/12/18).

Sri salah warga Desa Ngariboyo Senin siang terlihat menyapu lantai rumahnya yang banyak  terdapat ulat  jati yang melata.  Dia mengaku rumahnya diserbu ulat jati sebesar lidi tusuk sate,  karena  berbatasan langsung dengan kebun jati milik warga setempat .

“Hari Minggu siang yang banyak. Mungkin karena kemarau yang panjang, sehingga pas hujan turun ulat jatinya banyak,” ujarnya Senin (03/12/2018).

Sri yang merupakan istri Sekertaris Desa Ngariboyo tersebut mengaku hampir seluruh ruangan dirumahnya  terdapat ulat. Dilantai rumahnya masih saja terlihat melata setiap habis disapu. Sementara di bagian halaman dan pekarangan rumahnya  ulat juga terlihat bergelantungan. Meski demikian, dia mengaku tak mau membunuh ulat ulat itu dengan racun serangga. Dia hanya membersihkan rumahnya dengan cara menyapu.

“Kami sudah terbiasa, ulat kan juag makhluk Tuhan. Ini ulat jati, tidak membuat gatal. Paling seminggu juga hilang, berubah jadi entung (kepompong-red). Nggak usah dibunuh, disapu saja,” imbuhnya.

Sri  mengaku serangan ulat jati saat ini masih lebih sedikit dibandingkan serangan 6 tahun lalu. Saking banyakanya ulat jati, membuat jalan penghubung antar dusun yang berada  di depan rumahnya dipenuhi ulat yang merayap di jalan dan bergelantungan di pohon dipinggir jalan. Bahkan saking banyaknya ulat dijalan, sempat menimbulkan kecelakaan anak sekolah yang lewat.

“Sampai ada anak sekolah terjatuh dari motor karena takut melihat ulat bergantungan di jalan,” ucapnya.

Banyaknya ulat di awal musim penghujan menurut Markum salah satu warga  Desa Ngariboyo merupakan hal biasa bagi mereka yang tinggal tak jauh dari kebun yang ditanami kayu jati. Setiap musim hujan tiba, telur ulat menetas dan memakan daun jati yang mulai bersemi. Sejumlah kebun yang luamyan luas di Desa Nagriboyo memang ditanami kayu jati oleh pemiliknya.

“Kalau ulat jati itu biasa disini, apalagi musim hujan begini. Paling beberapa rumah yang dekat dengan kebun jati saja, rumah lainnya aman saja,” katanya. **Goes

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here