Rohis SMA Negeri 4 Semarang Gelar Tutorial Hijab Di Bulan Ramadhan

0
45
Kepala SMA Negeri 4 Semarang, Dra. Wiji Eny Ngudi Rahayu,M.Pd saat memberikan pencerahan tentang berhijab bagi peserta didiknya nya kelas X dan XI di Aula Sekolah, Selasa (14/5/2019) .Foto: M. Taufik

Semarang, SMI.- Hijab adalah penghalang atau kerudung yang digunakan oleh wanita muslim yang biasa disebut dengan jilbab. Namun dalam keilmuan islam, hijab lebih tepat merujuk kepada tata cara berpakaian yang pantas sesuai dengan tuntunan agama.

Jadi kaum wanita yang tak memakainya mereka telah mengingkari hukum syariat islam. Perintah berjilbab berdasarkan Al-Quran kerudung menutupi rambut hingga pinggang, dan tidak boleh menunjukkan lekuk tubuh, hanya telapak tangan dan wajah yang boleh tidak tertutup.

Rohani Islam SMA Negeri 4 Semarang melalui komunitas Gerakan Muslimah Smapa Menutup Aurat (Gempar) menggelar acara tutorial berhijab bekerja sama dengan Hijabers Community Goes To School Semarang, di Aula Sekolah jalan Karangrejo raya 12A Bayumanik Semarang, Selasa (14/5/2019).

Tutorial yang di ikuti oleh perwakilan siswi kelas X dan XI ini, mengajak siswi SMA Negeri 4 yang beragama Islam mulai berhijrah memakai jilbab. Kepala SMA Negeri 4 Semarang, Dra.Wiji Eny Ngudi Rahayu,M.Pd pada kesempatan tersebut memberikan pencerahan kepada para siswinya bahwa tutorial jilbab merupakan salah satu kegiatan ramadhan, “Mestinya kegiatan di bulan ramadhan cukup banyak kita mengadakan kegiatan” Paparnya.

Menurutnya, kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu kegiatan ramadhan, kalau tahun lalu mengadakan kegiatan bagaimana cara membuat model – model kerudung,berdasar Al Ahzab ayat 59 dan surat An nur ayat 31 bahwa sebagai muslim diwajibkan untuk memakai kerudung/jilbab, itu tersirat dalam Alquran.

Eny menambahkan, berkaitan dengan itu yang namanya berkerudung tidak selamanya pergi ke sekolah, kalau ke sekolah memakai kerudung seperti itu saja. Tetapi bagaimana dalam memakai kerudung/jilbab bisa dengan variasi pemakainnya. Lalu nantinya setelah mengikuti tutorial pemakaian jilbab dengan variasi model sudah bisa, maka nantinya kalau pas berangkat ke sekolah, anak – anak bisa memakai kerudung sendiri, tanpa bantuan orang lain. Bahkan justru anak – anak nantinya bisa membantu temennya, maupun orang tuanya untuk memasangkan atau memakaikannya seluruh keluarganya.

“Setelah mengikuti tutorial berhijab, tidak hanya sampai disini tetapi bisa di tularkan kepada temen – temen lainnya. Saya berharap kepada siswi – siswi nantinya untuk mengikuti dengan baik, dalam tutorial hijab sampai dengan selesai, karena di SMA Negeri 4 Semarang banyak yang berhijab, sehinga saya ingin siswi nanti memiliki keterampilan lain, cara – cara berkerudung dengan berbagai variasinya” pungkasnya.

Siswi kelas X dan XI saat mendengarkan pencerahan saat tutorial Hijab. Foto: M. Taufik

Pada kesempatan yang sama, Sisilia Salah satu Hijabers dari kalangan milenial dalam memberikan pencerahannya, secara singkat menuturkan bahwa berhijab itu mudah, islam itu mudah tetap bersemangat, yang sudah berhijab tetap istiqomah tetap pakai hijab sampai kapanpun. Bagi yang sudah lama berhijab tetep menyayangi teman – temannya yang belum berhijab, dan mendoakan serta membantu agar nantinya hijrah utnuk berhijab.

“Bagi yang belum berhijab tetap berusaha utnuk berhijab, karena islam itu mudah serta indah, jangan takut berhijrah untuk berhijab,” pungkasnya.

Pewarta : M. Taufik

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here