Rekapitulasi dan Penetapan DPTb Tahap 2 PPK Cimalaka

0
33

Sumedang, SMI.-

Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Cimalaka Kabupaten Sumedang, Meneyelenggarakan Rapat Pleno Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) Tahap 2 dalam pemilihan umum 2019 di Aula Kantor Kecamatan Cimalaka, Kamis (7/3/19).

Rapat pleno ini digelar berdasarkan surat edaran KPU Kabupaten Sumedang Nomor : 58/pl.02 1-SD/3211/KPU-Kab/II/2019 tanggal 12 Februari 2019,  seluruh PPK tingkat Kecamatan di Kabupaten Sumedang harus melaksanakan Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) tahap 2 dalam pemilihan umum tahun 2019.

Komisioner PPK Cimalaka dan seluruh anggota PPS tingkat Desa se Kecamatan Cimalaka melaksanakan rekapitulasi pemilih tambahan (DPTb) tahap 2 tingkat Kecamatan. Rapat Pleno juga dihadiri langsung oleh Panwas Kec. Cimalaka dan perwakilan dari partai politik (parpol).

Ketua PPK Cimalaka, Hafiddin, S.Sos mengatakan bahwa rapat pleno ini merupakan akumulasi dari DPTb yang pertama dan Kedua. “Kemarin sudah di pleno kan di tingkat desa tanggal 3 sekarang tanggal 7, berita sudah dibuat berapa kali. Proses dinamis perpindahan pemilih untuk DPTb sangat dinamis sekali, ada yang masuk ada yang keluar” katanaya.

Hasil akhir rekapitulasi daftar pemilih tambahan (DPTb) tahap 2, tingkat Kecamatan Cimalaka dari 14 desa dan terdiri dari 186 tempat pemungutan suara (TPS) berjumlah 45.080 DPT.

“Batas pleno di tingkat Kecamatan itu sampai tanggal 9, cuman kemaren atas saran pak Kadip sebelum tanggal 8 semua harus sudah selesai” Katanya.

Ditempat yang sama, Panwas Divisi Hukum dan Penindakan Dody menerima hasil rapat tersebut dengan catatan bahwa hasil di PPK ini harus sama dengan DPTb tingkat desa.

“Hasilnya kami menerima, tapi dengan catatan bahwa hasil di PPK ini tentunya berbeda dengan DPTb tingkat desa. Kami merekomendasikan untuk menyamakan hasil DPTb tingkat desa itu dengan hasil di  PPK, sehingga hasil di PPK itu akan sama dengan desa” ungkapnya.

Menurut Dody, memang ada perubahan sebab DPTb di tingkat Desa itu tanggal 3 Maret dan di tingkat kecamatan tanggal 7, Jadi ada selang beberapa hari untuk perubahan.”Untuk itu, kami mohon dilengkapi data – data yang memang sesuai dengan hasil yang di PPK ini”.

Masalah perbedaan data DPTb di tingkat desa dan PPK ini menurut Dody tidak ada masalah, karena ketika pleno di tingkat desa itu mungkin ada yang pindah atau keluar dari DPT setelah ditetapkan di tingkat desa.

“Sebetulnya tidak ada yang salah, sebab ini hanya dinamisasi perpindahan DPT itu, tetapi kami ingin melengkapi data – datanya dan dokumenya sesuai dengan hasil penetapan PPK pada saat ini”pungkasnya. ** Y Rusmana

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here