PT. Pos Indonesia Kabupaten Belu distribusikan dokumen kelulusan SMAN 2 Atambua

0
20

Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Atambua di Kecamatan Tasifeto Barat Kabupen Belu menggandeng PT.Pos Indonesia dalam pendistribusian dokumen Kelulusan.

Pantauan awak media  hari ini Sabtu (02/05/20) Kepala Sekolah SMAN 2 Atambua menyerahkan dokumen kelulusan siswa SMAN 2 Atambua tahun pelajaran 2019/2020 kepada PT. Pos Indonesia Kabupaten Belu selanjutnya untuk didistribusiankan kepada para siswa dan siswinya yang berada di rumah.

Kepala Sekolah SMAN 2 Atambua, Finsensius Fernandes, S.Pd mengungkapkan, Pendistribusian dokumen kelulusan kepada para siswa melalui PT. Pos Indonesia Kabupaten Belu ini merupakan tindak lanjut dari Instruksi Gubernur Nusa Tenggara Timur tentang peningkatan kewaspadaan terhadap resiko penyebaran virus Covid-19 dan himbauannya untuk membatasi dan menghindari pertemuan dalam kelompok besar.

Menindak lanjuti instruksi dari Gubernur Nusa Tenggara Timur tentang peningkatan kewaspadaan terhadap resiko penyebaran Covid-19 dan himbauan agar membatasi dan menghindari pertemuan dalam kelompok besar dan juga berdasarkan edaran dari Kepala Dinas pendidikan dan kebudayaan provinsi Nusa Tenggara Timur tentang pengumuman kelulusan melalui jasa pengiriman.

“Maka kami dari pihak Sekolah SMAN 2 Atambua bekerja sama dengan PT. Pos Indonesia cabang Atambua untuk mendistribusikan dokumen kelulusan itu kepada para siswa kelas XII yang saat ini berada dirumah akibat dari Covid-19 ini,” ujar Fernandez.

Berdasarkan hasil yang diperoleh para peserta didik kelas XII di SMAN 2 Atambua dan berdasarkan kriteria kelulusan yang sudah disepakati bersama bahwa salah satunya adalah menyelesaikan seluru program pembelajaran, memperoleh nilai sikap dan perilaku yang baik dan yang bersangkutan mengikuti ujian sekolah dengan nilai rata-rata 55 dan hasil kelulusan ini disepakati bersama melalui rapat dewan guru di sekolah.

Disampaikannya bahwa jumlah siswa pada SMAN 2 Atambua yang dinyatakan lulus ada 131 siswa yang terdiri dari MIPA berjumlah 55 siswa dan peminat IPS 76 siswa. Dan surat kelulusan ini dapat dipakai untuk mereka yang mau mendaftarkan diri ke jenjang Perguruan Tinggi. Dikatakannya juga bahwa terkait Ijasa akan diatur kemudian oleh karena situasi masih belum memungkinkan untuk pembagiannya.

“Kalau Covid 19 ini masih berlanjut maka pendistribusiannya tetap melalui PT. Pos Indonesia,” jelasnya.

Kepala sekolah juga menghimbau kepada para guru dan siswa-siswinya untuk tetap bekerja dan belajar dirumah dan melaksanakan instruksi Pemerintah terkait dengan kewaspadaan terhadap penyebaran virus Covid-19 ini.

“Sebagai kepala sekolah, saya menghimbau kepada para guru dan para peserta didik untuk tetap berada di rumah dan mematuhi protokol kesehatan dengan selalu mencuci tangan, menggunakan masker saat bepergian dan selalu menjaga jarak,” ungkap Kepala Sekolah

Pada kesempatan yang sama, Simprosius Leki Petugas Pos Indonesia cabang Atambua mengungkapkan bahwa kerjasama ini terlaksana atas jawaban dari pihak sekolah untuk mendistribusikan hasil kelulusan bagi para siswa yang saat ini berada dirumah oleh karena Covid-19.

“PT. Pos Indonesia merupakan badan usaha milik negara yang tersebar di seluruh pelosok Nusantara yang bergerak di bidang per posan, paket dan jasa keuangan, kami dari PT. Pos Indonesia cabang Atambua bekerja sama dengan sekolah-sekolah yang ada di kabupaten Belu dan kabupaten Malaka dalam mendistribusikan dokumen kelulusan bagi para siswa. Dokumen ini kita antar ke rumah siswa yang bersangkutan sesuai dengan alamat yang diberikan oleh pihak Sekolah,” terang Leki.

Lebih lanjut dirinya mengatakan”, pendistribusian dokumen ini dilakukan atas dasar kerja dan pihak sekolah dan PT. Pos Indonesia dalam rangka mengikuti protokol kesehatan yang di instruksikan oleh pemerintah agar menjaga jarak, menjaukan diri dari keramaian untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

Dikatakannya kerja sama ini akan terus berlanjut dalam pengiriman pendistribusian baik menyangkut kelulusan peserta didik maupun pengiriman lainnya oleh karena banyak manfaatnya terutama dalam menjaga kerahasiaan dokumen, menghindari anarkisme dari para siswa dalam merayakan kelulusan mereka.

Untuk dapat diketahui, kerja sama antara PT. Pos Indonesia dan Sekolah- sekolah ini akan terus berlanjut dalam pengiriman dokumen kelulusan maupun dokumen lainnya di tiap-tiap sekolah yang ada di kabupaten Belu dan Kabupaten Malaka.

Pewarta : Untung Teguh

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here