Program PTSL Desa Bangunsari

0
14

CIAMIS, (SMI).-

Pemerintah Desa Bangunsari Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis bekerjasama dengan BPN Kabupaten Ciamis melaksanakan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL)

PTSL merupakan kegiatan pendaftaran tanah yang belum didaftar dalam satu wilayah desa. Kegiatan ini untuk pertama kali dilakukan secara serentak yang meliputi semua obyek pendaftaran tanah. Kegiatan dilakukan sejak Januari hingga Juni 2018.

Menurut Kepala Desa Bangunsari, Subhan Hadi Suroso, sekitar 2.000 bidang tanah warga Desa Bangunsari yang tersebar di 4 dusun mendaftarkan tanahnya untuk mendapatkan sertipikat.

Untuk sumber pembiayaan percepatan pelaksanaan PTSL Dikenanakan biaya 150.000,-ribu sesuai aturan 3 Menteri (Menteri Agraria dan Tata Ruang /Kepala Badan Pertanahan Nasional,Menteri Dalm Negeri, Menteri Desa.

“Masyarakat cukup membawa SPPT, Girik atau AJB sebagai persyaratan membuat sertipikat,” tegas Subhan.

Lanjut Subhan, Sertipikat tanah adalah dokumen formal yang memuat data yuridis dan data fisik yang dipergunakan sebagai tanda bukti dan alat pembuktian atas tanah. Untuk itu, bagi seseorang atau badan hukum (privat atau public) atas suatu bidang tanah yang dikuasai atau dimiliki perlu memiliki sertipikat.

“Dengan suatu hak atas tanah tertentu, seseorang atau badan hukum harus memiliki sertipikat sebagai syarat mutlak kepemilikan,” pungkas Subhan . (Andri)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here