Program PNM Mekaar Sukses Bawa Nasabah Mandiri

0
7

Garut SMI.- PT. Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM bersama dengan ekonom senior Rizal beserta Cecep melakukan pendampingan Nasabah keluarga prasejahtera di Rumah Makan Racik Desa, Kabupaten Garut, Sabtu (20/7/2019).

Kedatangan PNM bersama dengan tim Koordinator Bidang Marketing ini untuk berdialog langsung dengan ibu-ibu yang tergabung dalam program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar).

Dalam dialog tersebut, Cecep mengatakan, program yang disosialisasikan oleh PNM dengan memberikan pinjaman tanpa agunan, kepada kaum wanita dalam keluarga prasejahtera ini sangat membantu dalam membangun kehidupan sosial.

Menurut Cecep, dengan bantuan tersebut, kaum ibu bisa belajar mandiri dan mengembangkan wilayah. “Ini bagus juga bisa ubah budaya atau culture. Betul-betul saya berharap Nasabah dapat menerapkan serta mejalankan program PNM ini” katanya.

Program PNM Mekaar juga menumbuhkan rasa solidaritas yang tinggi antara kaum ibu. Sebab dalam program PNM Mekaar, masing-masing anggota diberikan tanggung jawab untuk mengontrol penggantian dana pinjaman anggota lainnya.

“Yang penting saling bantu tidak ada mampu bayar yang lain urunan. Ini luar biasa sekali dibangun semangat solidaritas. Jadi para ibu ini solidaritas tinggi. Dan mereka saling mengingatkan,” tandasnya.

Cecep menambahkan, untuk kelompok PNM Limbangan sudah berjalan secara signifikan. Jika dilihat dari cicilan pelunasan pinjaman tidak ada masalah. Kebanyakan kelompok ibu-ibu dan Bapak yang mendapat pinjaman digunakan untuk modal usaha. Salah satu peserta PNM Mekaar. Soleh (40) mengaku uang pinjaman dari PNM dijadikan modal usaha berdagang.

Program Mekaar

Salah satu cara PNM untuk membantu keluarga prasejahtera di Indonesia melalui program Mekaar. Mekaar memberikan layanan bagi wanita pra sejahtera yang tidak memiliki modal untuk membuka usaha maupun modal untuk mengembangkan usaha mereka.

Pelayanan nasabah Mekaar berbasis kelompok. Para wanita pra sejahtera secara berkelompok mendapat modal serta binaan untuk membuka usaha dan mengembangkan usaha mereka.

Nasabah yang tergabung tak hanya nasabah yang sudah memiliki usaha, namun bagi nasabah yang ingin memulai usahanya kembali setelah mengalami kegagalan juga akan dibantu.

Mekaar juga akan membantu untuk memberikan pinjaman modal bagi nasabah yang ingin membuka usaha.

Tentu saja bantuan yang diberikan tidak hanya pinjaman modal saja, tetapi juga dengan pendampingan, sehingga nasabah yang tergabung dalam Mekaar merupakan nasabah yang berkomitmen untuk terus meningkatkan dan menumbuhkan keinginan untuk berwirausaha.

Pewarta : Ayi Ahmad

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here