Program CSR PT Pertamina EP Asset II Adera Field Tingkatkan Kesejahteraan dan Kemandirian Masyarakat Gelar Panen Perdana Padi Organik

0
11

PALI,SMI- PT Pertamina EP Asset II Adera Field melaui program CSR kembali bina lingkungannya dengan meningkatkan Kesejahteraan dan kemandirian masyarakat yang membutuhkan diwilayah kerjanya melalui pengembangan Kelompok Tani Desa Pengabuan Kecamatan Abab Kabupaten PALI, hal ini terlihat pada keberhasilan Kelompok Tani yang sukses melakukan panen raya perdana padi organik. General Manager PT Pertamina Asset II Astri Pujianto didampingi Field Manager Pertamina Adera Hermansya bersama Kepala Dinas Pertanian Ahmad Jhoni Sp. MM menggelar panen perdana padi organik dilahan cetak sawa Desa Pengabuan pada selasa (03/09/2019).

General Manager Atri Pujianto Mengatakan kepada awak media panen perdana padi organik ini merupakan program CSR PT Pertamina EP Asset II Field Adera ia menambahkan tercatat ada dua Desa yang di berdayakan yaitu Desa Pengabuan dan Desa Pengabuan Timur.

“Metode penanaman padi kali ini menggunakan padi organik dan pupuknyapun menggunakan pupuk organik yang di buat sendiri oleh Kelompok Tani mitra binaan Pertamina Adera sehingga tidak merusak tanah dan diharapkan setiap kali panen akan terus meningkat sehingga mencapai target yang kita inginkan, yaitu 10 ton per Hektare” jelas Astri.

Untuk sementara tambah Astri panen perdana padi organik ini sudah mencapai 6 ton per Hektare dan kedepannya diharapakan akan terus meningkat sehingga mencapai target yang kita inginkan, harap Astri.

“Lahan yang digunakan memang lahan yang sudah ada, saat ini yang kita berdayakan ada 1,7 Hektare, dan kedepan pihak Pemkab PALI akan bangunkan irigasi, untuk mengantisipasi ketika musim kemarau tiba” jelasnya.

Kepala Dinas Pertanian Ahmad Jgoni Sp.MM dalam hal ini mewakili Bupati Penukal Abab Lematang Ilir ( PALI ) mengatakan Ditempat yang sama penanaman padi menggunakan metode organik akan kita sebarluaskan ke seluru Kabupaten PALI, sehingga penanaman padi dengan metode ini Bisa menggantikan padi non organik dan masyarakat Kabupaten PALI dapat mengkonsumsi beras yang lebih sehat, harap Ahmad.

“padi organik lebih tahan terhadap cuaca dan serangan hama tanaman, lebih sedikit menyerap air dan dari segi hasil juga lebih menguntungkan ketimbang padi non organik, penanaman dan perawatan padi organikpun lebih mudah dan hasil padinya pula lebih bagus tentu harga jualpun lebih tinggi”. Tutupnya.

 

Pewarta : Sabran

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here