Pramuka dan PMI Rembang Lakukan Bakti Sosial Bedah rumah di Desa Sulang

0
11

Rembang, SMI.- Bakti sosial Pramuka Kab. Rembang dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Rembang terus berlanjut, kali ini bakti sosial dilakukan dengan memperbaiki rumah atau bedah rumah  milik Jani warga  Desa Sulang RT.004/005 Kecamatan Sulang Kabupaten Rembang, Jum’at (17/1)

Bedah rumah dikerjakan dengan gotong royong bersama anggota Pramuka, Koramil, Polsek, PMI, Camat dan warga sekitar.

Ketua Pramuka Rembang Bayu Andriyanto mengatakan, bedah rumah ini dilakukan karena kondisi rumah Jani saat ini sangat memprihatinkan dan harus segera diperbaiki. Kalau terus dibiarkan dikhawatirkan rumahnya akan roboh.

Menurut Bayu, program sosial kemanusiaan yang sudah direncanakan oleh organisasi Pramuka bekerja sama dengan Muspika Sulang bertekad untuk menjadikan tempat tinggal sebagai rumah yang layak huni. Dan kegiatan Pramuka Peduli mengupayakan atau memberi edukasi kepada masyarakat khususnya lewat organisasi Gugus Depan (Gudep).

“Bagaimana dengan prinsip dari pada PMI yaitu: Tri Satya dan dasa darma ikhlas bakti bina bangsa, berbudi bawalaksana, termasuk memberi contoh pelajaran kepedulian kita terhadap masyarakat’ jelasnya.

Ia juga mengatakan, sebenarnya sudah mau di bangun program RTLH akan tetapi masih menunggu waktu lama, takutnya rumah keburu roboh. Dari hasil musyawarah gerakan organisasi Pramuka peduli memutuskan, dengan waktu singkat harus di prioritaskan segera di realisasi. Tentang menyangkut anggaran kegiatan dari Pramuka menyumbangkan donasi 15 juta, PMI menyiapkan dapur masak umum untuk mencukupi kebutuhan konsumsi pekerja, dan juga dari masyarakat yang memberi donasi.

“Maka dari itu, mari kita selalu memberi semangat tentang ilmu peninggalan nenek moyang kita perihal gotong-royong kepada adik-adik penerus bangsa. Yang namanya manfaat tidak membeda-bedakan dari baju atau organisasi tetapi sepanjang kita menunjukan action nyata yang bermanfaat kepedulian bersama secara positif.” jelas komandan Pramuka yang satu ini.

Sementara itu, Kepala Desa Sulang Rubiyanto saat di wawancarai wartawan mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan bakti sosial Pramuka peduli, selaku kepala desa mengucapkan banyak terima kasih kepada organisasi Pramuka dan juga semua muspika se-kecamatan Sulang beserta masyarakat. Karena kegiatan bakti sosial bisa membantu atau meringankan beban pemerintahan di tingkat desa sendiri.

“Saya juga berharap, kegiatan tersebut kalau bisa jangan sampai putus. Karena hidup gotong-royong sangatlah penting untuk meringankan beban khususnya di wilayah pedesaan”jelasnya.

Pewarta : Untung Teguh

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here