Potensi Pertanian Dan Sentra Buah

0
43
Kades Kebondalem Nur Kholik dan Ibu Suharni beserta Putrinya

Kab Semarang, SMInews.com Desa Kebondalem, salah satu Desa unggulan di Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang, dengan jumlah penduduk kurang lebih 4.000  jiwa dengan mayoritas mata pencariannya bertani. Potensi Desa Kebondalem dengan 12 Dusun, selain pertanian juga menyimpan suatu sejarah dalam perang kemerdekaan Indonesia pada masa penjajahan Belanda.

“Hal itu di sebabkan Desa Kebondalem termasuk Daerah Gerilya Letkol Soeharto (Mantan Presiden Indonesia ke dua) saat memimpin pasukan dalam serangan melawan Belanda” tutur Kades Kebondalem Nur Kholik mengawali wawancara dengan SMI.

Budi daya buah Alpukat termasuk salah satu produk unggulan Desa Kebondalem yang saat ini selalu di support oleh Pemerintah Desa dengan Kelompok Tani, yang notabene sudah swadaya dengan mandiri di Desa nya yang sudah merambah ke pasar dalam maupun luar Jawa, selain juga buah jeruk Lemon.

Ketika di tanya mengenai masa pandemi saat ini, Kades yang sudah dua periode ini menjelaskan bahwa Desa Kebondalem yang daerah geografisnya berbukit – bukit dan suhu sejuk, selain situasi keamanan kondunsif, tetap protokol kesehatan dilaksanakan sesuai anjuran dari Pemerintah.

Selama menjabat Kepala Desa, pengalaman yang terkesan adalah saat periode pertama menjadi Kades, di hadapkan suatu permasalahan putusnya jembatan di Dusun Krajan. Dalam benak Nur Kholik, apa bisa di bangun lagi jembatan tersebut, mengingat selain panjang jembatan juga tingginya jarak sungai dengan jalan.

“Alhamdulillah berkat kerja keras dan bantuan dari masyarakat Desa Kebondalem dan pihak pihak terkait maka jembatan di Dusun Krajan dapat selesai dengan baik, dan masa pembangunan bisa selesai tepat waktu “ imbuh Bapak dari Ganesha Retno Pramesti dan Meheshworo Dyah Pramesthi menutup obrolan dengan SMI.

Pewarta : Tim SMI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here