Posyandu Sumedang Miliki Gadget Untuk Memantau Stunting

0
5

Sumedang, SMI.- Penurunan angka stunting merupakan fokus utama  Pemerintah Daerah  Kabupaten Sumedang untuk dilaksanakan dalam program-programnya.

Dalam rangka penurunan Stunting di  Kabupaten Sumedang, Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang mendapatkan 300 gadget (android) berikut aplikasi dari Telkomsel untuk digunakan para kader Posyandu dalam memantau perkembangan ibu hamil, bayi dan Balita.

Penyerahan bantuan tersebut berlangsung Jumat (31/1/2020) di Ruang Tengah Gedung Negara secara simbolis oleh Andri Priyoso Santoso selaku Manager CSR Environment and Ecosystem kepada Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir yang nantinya akan disalurkan kepada Kader Posyandu di 270 Desa dan 7 kelurahan yang ada di Kabupaten Sumedang.

Untuk tahap pertama, bantuan yang diserahkan baru sebanyak 150 unit. Sedangkan sisanya akan diserahkan minggu depan.

Aplikasi tersebut digunakan untuk membantu ibu hamil dalam penjadwalan dan pemeriksaan kehamilan dengan fitur format cek kehamilan yang mencakup tanggal pemeriksaan, berat badan serta hasil cek kehamilan yang mencakup kondisi air ketuban, status berat badan saat mulai hamil, status gizi saat mulai hamil dan lainnya. Fitur lainnya adalah form pantau anak yang mencakup tinggi badan anak, berat badan anak, dan hasil pemeriksaan anak yang terkena Stunting atau tidak.

Bupati H. Dony Ahmad Munir mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Telkomsel kepada Pemerintah Kabupaten Sumedang.

“Tentunya ini dapat memberikan dampak yang positif untuk mengatasi permasalahan Stunting di Kabupaten Sumedang,” ujarnya.

Bupati berharap hubungan antara pemerintah Kabupaten Sumedang dan Telkomsel dapat terus  terjaga.

“Saya harap kerja sama antara Pemkab Sumedang dan Telkomsel bisa terus terjaga. Semoga ini menjadi role model dalam rangka pengurangan angka stunting di Kabupaten Sumedang yang tepat, terarah dan berdaya guna bagi masyarakat,” tuturnya.

Dikatakan Bupati lebih lanjut, dengan aplikasi tersebut akan sangat membantu  para Kader Posyandu untuk melaporkan kegiatan di tingkat bawah sehingga ibu hamil di wilayahnya bisa secara berkala melaporkan kepada kepala desa, camat maupun Bupati.

“Saat ini di Kabupaten Sumedang angka Stunting masih sangat tinggi sehingga dengan adanya aplikasi ini.

Pewarta : Y Rusmana

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here