Polda Jateng Resmi Gelar Operasi Patuh – Candi 2020 Selama Dua Pekan

0
7

Semarang,SMInews.com Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Candi – 2020 Kepolisian Daerah Jawa Tengah dilaksanakan di Halaman Mapolda Jateng jalan Pahlawan no 1 Kota Semarabag , Kamis (23/7/2020), dan secara resmi akan dilaksanakan selama dua pekan pada 23 Juli 2020 hingga 5 Agustus 2020. Serentak seluruh jajaran kepolisian di wilayah hukum Provinsi Jawa Tengah.

Selain untuk mengkampayekan ketertiban berlalu lintas, akan disosialisasikan pula  adaptasi kebiasaan baru bagi pengguna jalan. Bahwa aturan terkait pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

Menurut Kapolda Jawa Tengah, Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi, bahwa operasi Patuh Candi 2020 ini, dimaksudkan untuk penertiban masyarakat dalam rangka adaptasi kehidupan baru dengan kedepankan protokol kesehatan. Dan tentunya Polri, dalam hal ini Direktorat Lalulintas Polda Jateng dan Polres beserta jajaran akan mengkedepankan aspek pre-entiv dan preventif serta humanis. Lebih diutamakan memberikan pendidikan kepada masyarakat. Akan selalu diingatkan jika masyarakat tidak memenuhi protokol kesehatan dalam berinteraksi dengan masyarakat lain. Seperti tidak memakai masker, sarung tangan apalagi yang tidak menggunakan helm.

“Namun jika sifatnya memiliki aspek bagi keselamatan lalu lintas, ya baru kita tindak dengan tegas. Selain itu kita berikan edukasi terhadap masyarakat, terutama dalam mendukung kebijakan pemerintah terkait dengan protokol kesehatan,” jelas Irjen. Pol. Ahmad Luthfi

Disampaikan pula oleh Kapolda Jateng, bahwa akan diterjunkan sebanyak 2.600 personil dalam pelaksanaan Operasi Patuh – Candi 2020 ini. Dan dalam operasi gabungan ini, semua petugas di lapangan wajib memenuhi protokal kesehatan dalam melaksanakan tugasnya. Seperti menggunakan masker, sarung tangan, lengan panjang dan lain lain.

“Ada 2.600 personil yang akan kita terjunkan dari Polda dalam Operasi Patuh Candi -2020. Dan untuk para personil yang terlibat Operasi Patuh Candi – 2020 sebelum melakukan Operasi wajib menggunakan protokol kesehatan. Pringsip anggota Polri,  sebelum menertibkan masyarakat kita harus tertib dulu,” tegas Kapolda Jateng dalam keterangan pers dengan awak media.

Pada kesempatan yang sama disampaikan pula oleh Dirlantas Polda Jateng, Kombes. Pol. Arman Achdiat, bahwa sebagai pihak yang bertanggungjawab akan keselamatan lalu lintas, dihimbau  kepada seluruh elemen masyarakat terutama pengendara untuk selalu menggunakan masker dan menjalankan protokol kesehatan. Selain juga wajib tertib dalam berlalu lintas di jalan.

Karena tujuan utama dari Operasi Patuh Candi kali ini, meliputi penyuluhan kepada seluruh elemen masyarakat akan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas. Serta mengkampanyekan adaptasi kebiasaan baru yang harus dilakukan oleh masyarakat, yakni menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus Corona.

“Akan kita tindak tegas kepada pengendara yang berpotensi menimbulkan kecelakaan. Namun di luar itu, kami tetap persuasif humanis” tegasnya.

Sementara terkait kelengkapan surat dalam berkendara, lanjut Arman, sudah selayaknya pengendara paham, bahwa setiap berkendara harus dilengkapi surat-surat.

Pewarta : M.Taufik

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here