PLTA Bengkok Pertama di Jawa Barat

0
3
Salah seorang karyawan PT Indonesia Power Saguling Pomu tengah berjalan di depan gedung PLTA Bengkok.

KBB, SMInews.com Menurut sejarah bahwa kota Bandung sebelum teraliri listrik terbilang gelap gulita, hanya lentera minyak atau yang di sebut lampu cempor yang slalu di pasang oleh warga di tepian jalan kota Bandung. Jikalau malam tiba, pada akhir abad ke -19 lampu cempor mulai di ganti dengan lampu gas, sehingga di tahun 1923 di bangunlah PLTA Bengkok atau PLTA Pakar oleh Kolonial Belanda di masa itu, dan PLTA tersebut merupakan PLTA pertama yang ada di Jawa Barat.

Salah seorang pejabat dari Indonesia Power  menyampaikan bahwa PLTA Bengkok dengan kapasitas 3,15 mega watt “MW” masih beroperasi, walau pun saat ini usianya sudah tua, pembangkit ini tetap merupakan salah satu andalan yang masuk ke sistem jaringan Jawa Bali.

Foto bersama GM PT. Indonesia Power Saguling Pomu Rusdiansyah beserta staf jajarannya

PLTA Bengkok memanfaatkan aliran air dari sungai Cikapundung yang mengalir di Kota Bandung, merupakan pakta sejarah dan menjadi salah satu warisan bagi masyarakat Kota Bandung itu sendiri, dengan harapan PLTA Bengkok tetap dapat beroperasi optimal, karena pembangkit ini merupakan salah satu pendukung program pemerintah, yakni menggenjot penggunaan Energi Baru Terbarukan “EBT” pada sektor ketenagalistrikan.

Pewarta : Deni HM

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here