PJPM Mitra Pemerintah dan Masyarakat

0
88

Sumedang, SMI.-

Perkumpulan Jurnalis Peduli Masyarakat (PJPM) merupakan organisasi profesi jurnalis yang berkomitmen untuk menjadi mitra pemerintah dan masyarakat. PJPM terbentuk dari kepedulian para jurnalis untuk ikut membantu pemerintah dan masyarakat dalam memantau setiap instansi yang mendapat kucuran dana dari pemerintah.

Dalam kinerjanya, PJPM berbekal dengan data berupa quisioner kepada instansi – instansi yang mendapat kucuran dan bantuan dana dari pemerintah pusat maupun daerah, seperti ke Sekolah, Pemerintah Desa, Puskesmas, Koperasi dan SPBU.

“PJPM mempunyai orientasi kerjanya by data, setiap objek yang kita datangi kita sudah  menyediakan quisioner, ada data yang harus diisi tapi itu sebatas data global” Kata Ketua PJPM Sumedang Irwan Permana, B.A.

Menurut Irwan, Data tersebut nantinya akan digunakan untuk pengkajian dan sebagai bahan evaluasi. “Data ini untuk pengkajian dan pengevaluasian karena PJPN adalah orbganisasi yang sifatnya control social, Pengkajian ini selanjutnya harus kami lanjutnya ke kesbang” Tambahnya.

Organisasi yang digagas Irwan Permana, B.A dan Galih Faisal, S.H.,M.H. yang juga sebagai advokasi hukum dan ketua umum PJPM  ini sudah memiliki beberapa Cabang yang tersebar dibeberapa daerah, seperti Subang, Sumedang, Kabupaten Bandung, Kota Bandung, Bekasi dan Sukabumi.

Untuk meningkatkan kinerja dan kekompakan dalam tubuh PJPM, setiap anggota diwajibkan mengikuti pertemuan rutin yang dilaksanakan dua minggu sekali. Pertemuan tersebut digunakan sebagai ajang silaturahmi, Konsolidasi dan sharing antar anggota.

PJPM selalu siap membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan, “Jadi ketika masyarakat meminta bantuan kepada PJPM, maka siap membantu memediasi dan juga siap memberikan bantuan hukum” Pungkasnya. ** Y. Rusmana

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here