Pesona Wisata Candi Cangkuang Garut

0
53

Garut, SMI.-
Objek Wisata Candi Cangkuang yang berada di Leles Kabupaten Garut Jawa Barat merupakan salah satu tempat wisata yang ramai dikunjungi wisatawan, baik pada hari-hari biasa maupun liburan. Tempat yang memiliki keindahan alam ini bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan objek wisata lainya.

Objek Wisata Candi Cangkuang memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat disayangkan jika anda pergi ke Garut, tetapi tidak mengunjungi wisata sejarah yang mempunyai keindahan tiada duanya ini. Berwisata ke Candi Cangkuang sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari libur lainnya.

Kepala UPTD Objek Wisata Candi Cangkuang Wawan Kulnaedin menjelaskan, tempat wisata ini memeang harus  dikunjungi, karena memiliki pesona keindahan yang tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Garut juga sangat ramah kepada wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Menurut Keterangan Wawan Kulnaedin, Objek wisata candi Cangkuang ini merupakan Candi Hindu yang bisa dilihat di Kampung Pulo, Cangkuang, Kecamatan Leles, kabupaten Garut. Candi Cangkuang Pertama kali ditemukan tahun 1966 oleh tim peneliti yang salah satunya bernama Uka Tjandrasasmita.

Penelitian tersebut dilakukan berdasarkan laporan dalam buku sejarah, mengenai adanya arca Siwa dan makam Muslim di bukit Kampung Pulo. Ditemukan pondasi berukuran 4,5 x 4,5 meter dan puing-puing candi yang berserakan. Tidak ada keterangan jelas siapa atau kerajaan apa yang membangun candi, tapi dilihat dari batuannya dan kesederhanaan bentuk, Candi cangkuang diperkirakan didirikan pada abad ke-8.

Setelah selesai dipugar, jadilah Candi Cangkuang dengan ukuran 4 x 18 x 8 meter.  Arca Siwa yang sebelumnya telah ditemukan di simpan di dalam candi. Nama candi juga diambil sesuai nama daerah setempat. Setelah selesai, diberi nama Candi Cangkuang sesuai nama tempat ditemukan. Nama cangkuang diambil dari nama pohon pandan.

Hingga kini, Candi Cangkuang masih berdiri tegak di sebelah makam Arif Muhammad di Kampung Pulo dan sudah menjadi kawasan cagar budaya. Keberadaan candi Hindu dan makam Muslim yang bersebelahan ini juga menggambarkan keharmonisan umat beragama penduduk setempat.

Wawan Kulnaedin menambahkan, Obyek Wisata Candi Cangkuang bisa dibilang sebuah wisata sejarah yang memiliki fasilitas yang lengkap karena sudah memiliki Area Parkir yang luas, Mushola, Kamar mandi /MCK, Penginapan dan fasilitas wisata lainya.

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Candi cangkuang, bisa memakai kendaraan pribadi dan meminta penduan arah ke Candi Cangkuang di  Leles Garut. Akan tetapi jika pengunjung memakai kendaraan umum seperti  Bus umum atau angkutan lainnya, juga bukan masalah besar, pasalnya anda bisa berhenti di terminal bus kota atau desa tujuan anda. Setelah itu melanjutkan dengan menggunakan ojek menuju lokasi Obyek Wisata Candi Cangkuang.

Wawan Kulnaedin menyarankan agar sebelum menuju Objek Wisata Candi Cangkuang, anda perlu mempersiapkan keperluan yang akan butuhkan. Serta jangan lupa kamera untuk  mengabadikan moment bersama keluarga ataupun teman – teman.

“Dengan Pesona Keindahan Obyek wisata ini,Semoga bisa menginspirasi anda semua untuk mencoba berwisata ke Obyek Wisata Candi Cangkuang di  Leles Garut Jawa Barat” ungkapnya. **Ayi Ahmad

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here