Pesantren Ramadhan dan Bukber 1440 H SMA Negeri 4 Semarang

0
24
Grup rebana SMA Negeri 4 Semarang tampil di Pesantren Ramadhan 1440 H, Foto: M. Taufik

Semarang, SMI.- Ilmu kemahiran dan segala pemberian yang datang dari Allah tidak hadir secara percuma, namun ia datang dengan tanggung jawab. Ilmu yang diberikan oleh Allah itu menuntut kepada kita untuk di amalkan.

Sebanyak tujuh ratus lima belas siswa SMA Negeri 4 Semarang yang beragama islam, melalui Rohani Islam (Rohis) OSIS menggelar kegiatan Pesantren Ramadhan di Aula Sekolah, Jalan Karang Rejo Raya No. 12 A Banyumanik Semarang, Rabu, (29/5/2019) dengan tagline “Gema Syiar Ramadhan dan Buka Bersama 1440 H SMA Negeri 4 Semarang “ Kegiatan ini dilaksanakan usai siswa menempuh Penilaian Akhir Tahun (PAT) yang  berakhir pada selasa 28 mei 2019.

Menurut Badroh Rifatin, S.Ag salah satu guru agama Islam SMA Negeri 4 Semarang mengatakan, kegiatan pesantren ini  di laksanakan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta membiasakan berlomba – lomba dalam kebaikan, terutama berbuat baik. Selain itu pesantren ramadhan siswa

Ibu guru SMA Negeri 4 Semarang sedang mendengarkan Tausiah yang di sampaikan oleh Ustad Agus santoso, di Aula Sekolah. Foto : M. Taufik

SMA Negeri 4 ini, mengoptimalkan kegiatan di bulan ramadhan selama 1 hari full mulai dari pukul 07.20 sampai selesai, yang diisi dengan berbagai lomba untuk mengisi moment di bulan ramadhan.

“Kami adakan kegiatan ini dengan tujuan mencari bakat, minat serta potensi siswa dalam berdakwah. Selain itu, lomba yang kami adakan diantaranya lomba adzan, kaligrafi, murotal (mengaji dengan intonasi dan gaya bahasa), selanjutnya juga di isi dengan penyerahan zakat fitrah oleh rohis panitia zakat fitrah kepada siswa kurang mampu di lingkungan dalam sekolah maupun lingkungan luar sekolah SMA Negeri 4 Semarang,” papar Badroh.

Usai acara pesantren menjelang buka bersama, di isi oleh grup rebana SMA Negeri 4 yang terdiri dari siswa siswi kelas X dan XI dengan membawakan beberapa lagu religi bentuk kasidah yang di bawakan siswi SMA Negeri 4 dengan merdunya.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 4 Semarang  Dra. Wiji Eny Ngudi rahayu, M.Pd dalam sambutannya menuturkan “Awal bulan ramadhan adalah awal bulan yang kita tungu – tunggu dalam kehidupan kita. Bulan ramadhan kita tunggu tunggu karena ibadah di bulan ramadhan karena iman, tentu akan menghapus dosa dosa kita, setidaknya akan menerima rahmad , akan menerima maghfiroh( ampunan) dari Allah SWT, sedangkan perintah puasa ada di Alquran surat al baqarah ayat 183”.

 

Badroh Rifatin,S.Ag, usai membagikan zakat fitrah didampingi Rohis OSIS, Foto: M. Taufik

Menurut Eny  bulan puasa berisi latihan – latihan, yaitu latihan fisik dan latihan mental. fisik karena tetap belajar, ulangan, ujian secara professional, juga bekerja. Kemudian latihan mental mampu mengendalikan diri, tidak saja mampu menahan makan minum saja, tidak ngomongin orang lain itu salah satunya. Eny berharap kedepannya nanti kegiatan ramadhan diadakan lebih meriah lagi.

Acara di tutup dengan tausiah yang di sampaikan oleh Ustad Agus Santoso atau Abu Iqbal,  menyampaikan bahwa ada 3 golongan yang doanya tidak tertolak yaitu: doa pemimpin yang adil kemudian doa orang yang berpuasa serta doa orang yang terdzolimi.

 

Pewarta : M. Taufik

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here