Pernikahan Unik Di Hari Jadi ke-75 Republik Indonesia

0
29

Tegal, SMInews.com Sepasang pengantin di Kampung Tegalwangi Kota Tegal melangsungkan pernikahan pada 17 Agustus 2020 dengan cara unik. Pengantin Pria menuju tempat diberlangsungkanya akad nikah sambil membawa bendera merah putih dan rombongannya menyanyikan lagu Hari Merdeka.

Pernikahan Anisa dan Agil yang bertepatan dengan hari kemerdekaan ke 75 Republik Indonesia ini menjadi tontonan warga, karena bertemakan Nasionalisme dan Kemerdekaan.

Selain bertema Kemerdekaan, setelah Akad yang digelar di Masjid  Thoyibah Tegalwangi selesai. Ketika Pengantin pria diarak  ke rumah mempelai wanita, tapi tiba-tiba terjadi keributan karena Pengantin pria diculik.

Tapi ternyata itu hanya bagian dari prosesi pernikahan adat di  Tegalwangi, yaitu tradisi menculik pengantin pria setelah akad nikah. Pengantin pria dibawa berputar kota Tegal selama beberapa saat, lalu dikembalikan lagi menaiki becak.

Lalu pengantin pria diserahkan kepada orang tua mempelai wanita untuk dilaksanakan upacara adat Jawa, Sungkeman, dan dulang-dulangan. Sebagai simbol bahwa hati mereka telah menyatu, disatukan dengan kerekatan antara anak dan orang tua dan anak orang lain yang kini telah menjadi anak mereka, serta simbol tanggung jawab suami istri untuk saling melengkapi, memberi  dan menerima.

Dan acara pun berakhir dengan iringan doa dan ucapan selamat dari para tamu yang merupakan saudara-saudara dekat pasangan pengantin, dan sahabat kedua mempelai.

Pewarta : Kristyawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here