Peringati Bulan Bahasa, SMAN 4 Semarang Gelar Pentas Seni dan Perlombaan

0
34
Para peserta yang ikut meramaikan Pensi dan lomba di kegiatan Bulan Bahasa, Foto :M. Taufik

Semarang, SMI.- Dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda ke- 91 yang jatuh pada senin 28 Oktober 2019. SMA Negeri 4 Semarang usai melaksanakan upacara peringatan Hari Sumpah  Pemuda di lanjutkan dengan menggelar  kegiatan  Bulan Bahasa`yang diisi dengan pentas seni dan berbagai macam perlombaan di Aula SMA Negeri 4 Semarang, jalan Karangrejo raya No 12A, Kel. Srondol Wetan, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Senin (28/10/2019).

Pelaksanaan bulan bahasa dengan tema Heritage ini digelar dengan lomba – lomba dan pentas seni terkait dengan kebahasaan dan literasi.

Kepala SMA Negeri 4 Semarang yang diwakili Waka Kurikulum, Sri Wahyuni, M.Pd mengatakan bahwa bahasa Indonesia sebagai wadah pemersatu, bahasa Indonesia bagi bangsa Indonesia merupakan wujud pemersatu dari beraneka ragam suku, bangsa, ras, agama dan budaya yang berbeda.

Menurutnya, sesuai dengan fungsinya bahasa Indonesia sebagai lambang identitas Nasional. Bulan oktober  sebagai bulan bahasa  karena ada pengkhususan dibulan itu, karena pada tanggal 28 oktober 1928 (sejarah lalu) merupakan hari ditetapkannya pemakaian bahasa Indonesia untuk masyarakat Indonesia dalam skala Nasional. Untuk itu,  sebagai generasi muda khususnya peserta didik SMA Negeri 4 Semarang wajib memelihara dan mempertahankannya dengan cara mempelajari bahasa Indonesia pada semua jenjang dan semua tingkat serta menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Sri Wahyuni berharap dengan diadakannya kegiatan ini bisa meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan antar peserta didik SMA Negeri 4 Semarang, meningkatkan karakter dan cinta tanah air serta menjunjung tinggi Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan akan cinta dengan keberagaman yang ada di Indonesia.

“Untuk itu Saya berpesan  kepada kalian semua untuk tetap menjaga persatuan dan persatuan jangan mudah terprovokasi oleh hal yang tidak bertanggung jawab. Jadilah pemuda yang kreatif yang bisa menyelesaikan masalah untuk kemajuan Bngsa Indonesia yang kita cintai ini,” pungkasnya.

Usai memberikan sambutan, acara dilanjutkan dengan membuka kegiatan bulan bahasa yang berupa pentas seni dan lomba – lomba resmi di buka. Pada acara lomba lomba diawali dengan geguritan antar kelas yang diikuti oleh semua kelas baik kelas X, dan XI yang menggunakan bahasa jawa, kemudian di lanjut dengan lomba monolog dimana masing masing kelas menampilkan perwakilannya dengan dialog bahasa Indonesia.

Antusias siswa semakin banyak memadati ruang Aula sehingga menambah semarak acara pada kegiatan ini. Usai Monolog, dilanjut dengan menampilkan Story Telling dimana para peserta setiap kelasnya membawakan dengan bahsa inggris dalam menampilkannya serta busana ala barat, ini menambah suasana semakin menarik di acara tersebut.

Pada sesi berikutnya tampilnya Cosplay yang dibawakan masing – masing kelas selain menggunakan bahasa jepang, juga pesertanya berbusananya juga memakai ala Jepang. Jadi dalam penampilan lomba  semua bahasa terwakili yaitu empat bahasa mulai dari bahasa jawa, lalu bahasa Indonesia dan bahasa inggris terakhir bahasa jepang, karena dalam pembelajaran di SMA Negeri 4 Semarang ada 4 bahasa yang ada di dalamnya.

Kemudian  khususnya untuk  lomba mading yang diikuti kelas X, XII dan XII  ini berisi tulisan  puisi dengan menggunakan  bahasa jawa, bahasa Indonesia, bahasa jepang dan bahasa inggris yang di buat setiap siswa dari semua kelas dengan tema bebas, setiap kelas dan tiap siswanya wajib membuatnya. Selain lomba – lomba yang tercantum diatas juga di adakan lomba kebersihan antar kelas.

Pada sesi pentas seni dalam bulan bahasa disajikan penampilan band akustik yang di bawakan setiap perwakilan kelas dengan membawakan lagu pop bebas, kemudian disuguhkan juga setelah band acustik, tampil tari tradisional, usai penampilan tari tradisional yang bikin menarik siswa yang hadir penampilan drama jaka tarub yang mana dalam dialognya menggunakan bahasa Indonesia karena aslinya menggunakan bahasa jawa. Kemudian pada penampilan terakhir acara tersebut Flasmob yaitu Indonesia menari semua peserta naik panggung menari bersama, sehingga menambah suasana menjadi semarak.

Amira  siswa kelas X ipa 8 saat di wawancarai smi-news.com mengatakan bahwa peringatan bulan bahasa yang di isi dengan lomba – lomba dan pentas seni sangat menarik, karena baru kali ini dia menyaksikannya.

“Pada waktu SMP di sekolah kami belum pernah mengadakan, sehingga kegiatan ini benar benar bagus dan meriah hanya saja tidak semua siswa berada di dalam aula karena mungkin daya tampungnya tidak muat kalau semuanya masuk sehingga sebagian siswa berada di beranda samping aula maupun ada juga yang ada di kelas karena juga bersamaan adanya lomba kebersihan kelas,” ucapnya.

Menurutnya untuk peringatan bulan bahasa di jadikan agenda tahunan untuk kali ini sangat bangus dan menarik karena juga ada pentas seni nya yang juga tiap kelas harus menampilkan kreasi seninya untuk ditampilkan, “Bagi kami karena baru kelas X di SMA Negeri 4 Semarang jadi ini merupakan kelebihan sekolah kami dalam menggelar acara yang begitu meriah ,sederhana namun terlihat mega,” pungkasnya.

Pewarta : M. Taufik

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here