Pengambilan Sumpah Janji Ketua DPRD Kabupaten Sumedang

0
15

Sumedang, SMI.- Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir didampingi Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Sumedang dalam rangka Pengambilan Sumpah/Janji Pimpinan DPRD Kabupaten Sumedang Masa Jabatan 2019 – 2024 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Sumedang, Selasa (1/10).

Ketua DPRD Kabupaten Sumedang Irwansyah Putra, beserta tiga orang Wakil Ketua yaitu Titus Diah, Jajang Heryana S.E dan H. Iilmawan Muhamad, S.Ag diambil sumpah dan janjinya oleh Ketua Pengadilan Negeri Sumedang, Sudira SH, MH, di hadapan para anggota DPRD dan tamu undangan rapat.

Dalam sambutannya Bupati mengucapkan selamat kepada Ketua DPRD dan Wakil Ketua beserta para anggota yang telah dilantik sebagai pimpinan DPRD Kabupaten masa bhakti 2019-2024.

“Semoga saudara-saudara dapat melaksanakan tugas yang telah dipercayakan sebagai pimpinan legislatif, merumuskan dan melanjutkan program kerja dari pimpinan sebelumnya serta dapat menyikapi aspirasi-aspirasi masyarakat yang terus berkembang dengan kritis dan dinamis,” ungkapnya.

Menurut Bupati, pengambilan sumpah janji tidak hanya merupakan kewajiban administrasi dan formalitas belaka, tetapi yang lebih utama adalah merupakan pemantapan niat serta janji sebagai wakil rakyat sekaligus merupakan sumpah dan janji terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa untuk menjalankan amanat rakyat.

“Kehadiran DPRD merupakan replikasi dari partisipasi masyarakat dalam mengatur dan mengurus rumah tangga daerahnya, dimana peran DPRD semakin berat dan selalu menjadi dambaan dan harapan masyarakat, bahkan sebagai kritik dan sorotanpun semakin banyak mengarah bukan saja ke eksekutif tetapi juga kepada para wakil rakyat sebagai anggota legislatif” paparnya.

Bupati menambahkan, volume tugas yang kian meningkat disertai kompleksnya permasalahan penyelenggaraan pemerintah, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Sumedang makin menuntut optimalisasi kinerja dari para anggota DPRD.

“Kondisi masyarakat saat ini sudah sangat berbeda karena dinamikanya yang semakin tinggi. Oleh karena itu segala ide, gagasan, pendapat, dan keinginan yang beragam dari masyarakat menuntut adanya tindak lanjut yang cepat dan arif untuk dijadikan sebuah energi untuk mendorong ke arah perbaikan, bahkan diharapkan kita dapat memberikan ruang gerak kebebasan untuk berinisiatif dan berkreativitas,” ucapnya.

Bupati juga mengucapkan rasa syukurnya bahwa hari ini DPRD sudah bisa melengkapi alat kelengkapannya, yaitu pimpinan DPRD, ia berharap hal ini dapat memperlancar proses penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi DPRD dan juga penyelenggaraan pemerintah daerah.

“DPRD dengan Pemkab sama-sama bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat. Berarti harus sinergi, harus harmonis dan berkolaborasi untuk mewujudkan harapan rakyat,” tutur Bupati.

Terakhir menurut Bupati, ada tiga pendekatan yang harus dilakukan untuk menjaga harmonisasi antara eksekutif dan legislatif yakni pertama pendekatan keterikatan konstitusional, yang kedua keterkaitan fungsional dan yang ketiga kemandirian institusional.

Ketua DPRD yang baru dilantik Irwansyah Putra ketika diwawancara menyampaikan rasa syukurnya karena proses pelantikan berlangsung lancar. “Alhamdulillah berjalan lancar. Saya ingin berterima kasih kepada semua lapisan masyarakat atas dukungannya,” ucapnya.

Atas nama pimpinan dan anggota DPRD ia meminta doa restu sehingga pada saat pelaksanaan tugas berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang diharapkan seluruh warga masyarakat Kabupaten Sumedang. “Kami berjanji insyaallah yang terbaik akan kami berikan untuk seluruh masyarakat Kabupaten Sumedang,” tuturnya.

Ia juga tidak mempermasalahkan komposisi anggota DPRD yang baru dimana isinya banyak diisi oleh orang-orang baru. “Gak ada permasalahan signifikan mengenai perubahan klmposisi anggota DPRD yang lama dengan yang baru. Rekan-rekan yang terpilih juga sudah paham. Semua bisa dibuktikan dalam rapat untuk menentukan Kelengkapan sebentar lagi,” ujarnya.

Pewarta : Y. Rusmana

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here