Penerima BLT Desa Sukanagara Terbanyak di Kecamatan Soreang

0
1

Kab. Bandung, SMInews.com Sebanyak 177 orang warga Desa Sukanagara, Kecamatan Soreang menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana.Desa sebesar Rp 600.000.  Pemberian uang tunai sebagai jaring pengaman sosial bagi warga yang terdampak Covid-19 tersebut akan diberikan selama tiga bulan. Untuk pencairan yang pertama  bagi warga Desa Sukanagara itu dilangsungkan di aula Desa Sukanagara, Rabu (20/5/2020) sebagai pembayaran untuk Bulan April 2020.

“BLT ini sebagai jaring pengaman sosial bagi warga yang terampak Covid-19. Semua desa menganggarkan BLT. Di Kecamatan Soreang ada 10 desa, pada hari ini ada 4 desa yang menyerahkan  BLT-nya kepada warga, salah satunya Desa Sukanagara. Di antara desa lain di Kecamatan Soreang desa ini yang paling banyak menerima BLT ini,” tutur Camat Soreang Ruli Baijuri usai secara simbolis menyerahkan uang tunai kepada salah satu warga.

Sementara Kepala Desa Sukanagara Agus menyebutkan, dalam mendata warga yang terdampak Covid-19, ia menyerahkan sepenuhnya kepada RW dan RT, karena RW dan RT yang tahu persis kondisi warganya.

Agus menambahkan, tadinya akan merapelkan pemberian BLT tiga bulan sekaligus, namun menurut aturan tidak boleh, sehingga yang dibayarkan untuk bulan April dulu.

Jumlah hak pilih Desa Sukanagara, kata Agus 4.000 orang, tersebar di 10 RW dan 36 RT. Agus berharap dengan bantuan ini bisa meringankan beban kebutuhan masyarakat. Selain ada yang menerima BLT, yang didata sekitar 100 orang warga diberi sembako.

Diakui Ketua RW 8, Suhendar, dirinya diberi  keleluasaan memilih  siapa warga miskin yang berhak menerima. “Dengan diberi kewenangan itu saya bisa memilih mana saja warga yang berhak menerima dan tidak’,” tuturnya.

Salah satu tokoh masyarakat setempat Gugun Gunadi mengaku, pemberian BLT bagi warga yang terkena dampak Covid-19 yang didata oleh RW ini lebih mutahir sehingga tepat sasaran, karena RW dan RT lebih mengetahui kondisi warganya.

“Setelah didata dan diverifikasi, tidak mungkin ada warga yang sudah meninggal terdata lagi, sepertii kejadian di beberapa tempat ,” tuturnya.

 

Aneh Dengan Berita Penyelewengan BLT

Salah satu tokoh masyarakat yang juga Ketua Bumdes Desa Sukanagara Kecamatan Soreang Gugun Gunadi mengaku heran dengan sebuah berita di salah satu media daring, yang memojpkan nama bak  Kepala Desa Sukanagara, yang menurut berita tersebut sudah menyelewengkan dana Desa untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT).

“Saya kesal karena selain nama kepala desa Agus, juga nama saya dibawa-bawa dalam berita tersebut. Berita bohong, tanpa konfirmasi tentang BLT, padahal BLT-nya baru cair tadi,” tutur Gugun saat pembagian BLT di Desa Sukanagara, Kecamatan Soreang Rabu, (20/5/2020).

Kata Gugun, memang berita tersebut tidak berpengaruh terhadap nama baik kepala desa dan dirinya di masyarakat karena masyarakat lebih tahu. Gugun hanya kesal dengan berita yang ngarang-ngarang dan tendensius, karena bermaksud sesuatu. Ia bisa menerima kalau ada pihak yang mengkritik, tapi menurutnya berita itu bukan kritik tapi tuduhan tidak berdasar.

Diakui oleh Sandi dari LPMD, ia mengetahui berita tersebut. Tapi sama sekali tidak berpengaruh terhadap reputasi pihak desa.

Sementara Kepala Desa Sukanagara Agus  mengatakan, meski berita itu tidak berdasar fakta dan menuduh tanpa bukti, namun ia jadikan sebagai pelajaran bahwa yang tidak ia lakukan juga ada pihak yang memperhatikan. Sehingga dalam pemberian BLT pada warga sekarang ia benar-benar transparan.

Pewarta : Aa

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here