Pendamping Dana Desa Irwan,S.T : Dana Desa 2018 Diajurkan ke BUMDES

0
108

TASIKMALAYA, (SMI).-

Pembangunan di Kecamatan Sukahening tahun 2017,  lebih dominan kepada pembangunan infrastruktur. Hampir semua desa bisa menyelesaikan pembangunan dengan kualitas cukup baik, pekerjaan sesuai dengan target waktu dan Peraturan. Namun, dari segi pelaksaaan hampir semua desa telat, dikarenakan regulasi anggaran Dana Desa Tahun 2017 turunnya telat. Tutur Pendamping Dana Desa kecamatan Sukahening Irwan, S.T.,di sela acara Musrenbang Desa Sundakerta, Sabtu, (3/2/18).

“Kami sebagai pendamping bertugas memantau semua proses kegiatan, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan sampai laporan  pertanggung jawaban ( lPJ). Semua pekerjaan melibatkan masyarakat (padat karya) dengan ketentuan kerja empat belas hari dan Harian ongkos kerja (HOK) 30 % untuk sekarang” Tambahnya.

Menurut Irwan, dari tujuh Desa, pembangunan di Kiarajangkung paling bagus, dari semua segi dan kelengkapannya. Sementara untuk pendampingan di Desa Idealnya ada satu pendamping. Namun saat ini pendamping yang ada di Kecamatan Rajapolah empat Orang untuk mendampingi tujuh Desa diantaranya pendamping teknis pemberdayaan masyarakat Desa Satu orang, pendamping teknis Infrastruktur satu orang dan Pendamping Lokal Desa dua orang.

Untuk Pembangunan Dana Desa tahun 2018, Irwan menganjurkan pengalokasian  lebih besar untuk Ekonomi Kerakyatan atau  Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Tapi pengajuan untuk sarana dan prasarana masih tetap ada, termasuk untuk pendidikan dan kesehatan. (Anton)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here