Pemkot Bandung Peringati HPN 2020, Pers Bisa Berkontribusi Terhadap Pembangunan Di Kota Bandung

0
23

BANDUNG, SMINEWS.COM.- Setiap tanggal 9 Februari merupakan Hari Pers Nasional (HPN), didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985. Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985 menyebutkan bahwa pers nasional Indonesia mempunyai sejarah perjuangan dan peranan penting dalam melaksanakan pembangunan sebagai pengamalan Pancasila. Dewan Pers kemudian menetapkan Hari Pers Nasional dilaksanakan setiap tahun secara bergantian di ibu kota provinsi se Indonesia.

Pada Hari Pers Nasional 2020, Pemerintah Kota Bandung mengucapkan selamat Hari Pers Nasional (HPN) 2020 “Saya Berharap Pers kedepan bisa berkontribusi terhadap pembangunan di Kota Bandung. Selain itu, pers juga diharapkan menjadi pembantu pemerintah menangkal berita hoax. Hal tersebut disampaikan Wali Kota Bandung, Oded M Danial melalui video Humas Pemkot Bandung yang diunggah melalui Instagram.

“Alhamdulillah Indonesia khususnya di kota Bandung semakin tabayyun. Tak hanya sekedar mengkritik, tetapi juga memberikan masukan yang cukup berarti untuk Pemerintah kota Bandung. Pers juga telah berdakwah, mengedukasi, memberikan pencerahan, pengetahuan dan inspirasi kepada warga kota bandung.“ ucap Oded.

Menurut Oded, Pers di Indonesia saat ini, khususnya Kota Bandung sudah semakin dewasa, kedewasaan tersebut diartikannya, dari banyaknya pemberitaan yang seimbang dan mengedepankan konfrimasi, Hal itu turut membantu pemkot Bandung menimalisir berita hoaks. Semoga peran Pers bisa menjadi bagian dari upaya kami mewujudkan kota bandung yang unggul, nyaman, sejahtera dan agamis.” Ungkapnya.

Hal senada juga di ungkapkan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana, Pers bukan sekedar mitra pemerintah tentunya pers juga untuk mendukung program-program dan kebijakan pemerintah Kota Bandung bagi masyarakat luas khususnya kota Bandung. Lebih dari itu, pers juga jadi media untuk mencerdaskan masyarakat sehingga pembangunan fisik maupun non fisik di kota bandung dapat lebih berkualitas.” Katanya.

Dikatakan Yana, Pers juga telah terbukti menjadi perisai yang kokoh dalam menghadapi serangan berita hoaks. Kini Pers lebih mengoptimalkan peranannya dalam menggambarkan kebenarannya, mencerdaskan bangsa dan memupuk generasi emas yang unggul sebagaimana visi pemkot Bandung dan pemerintah Republik Indonesia.” Ujarnya.

Selama ini kerjasama pers dan pemerintah kota bandung sudah terjalin sangat baik, “saya berharap rekan-rekan pers bisa memberikan informasi yang baik dan akurat kepada masyarakat, saya merasakan kinerja pers di Kota Bandung sangat membantu terutama dalam mengconter isu-isu hoax yang beredar luas di masyarakat. Saya menitipkan agar pers bisa memberikan informasi yang baik, melakukan kroscek sebelum menyebarkan berita  kepada narasumber yang tentu saja berkompeten.” jelas Yana.

Sementara itu Sekda Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, saya secara pribadi dan atas nama Pemerintah Kota Bandung sangat menghormati Hari Pers Nasional (HPN) 2020 yang jatuh pada 9 Februari setiap tahun, “saya menginginkan antara pemerintah kota dan pers ini lebih baik lagi, menjadi mitra yang jauh lebih strategis lagi sehingga pers itu mampu mengakomodasi apa yang menjadi hak masyarakat terhadap informasi.” Paparnya.

Lanjut Ema menuturkan, Pers harus mampu bersinergi dengan pemerintah pada saat informasi itu diberikan misal mampu memberikan informasi yang benar-benar clear, objektif. Pers juga harus punya nilai-nilai edukasi yang disampaikan kepada masyarakat. Di era keterbukaan ini sebuah keniscayaan apapun juga menjadi haknya masyarakat untuk diketahui. “ imbuhnya.

Lebih lanjut Ema Menjelaskan, Profesionalitas juga adalah hal yang mutlak apalagi dengan dunia teknologi yang demikian serba cepat sekarang tentunya adaptasi itu sebuah keniscayaan, tidak ada lagi yang sifatnya manual, tidak ada lagi yang sifatnya terlalu over konvensional, semuanya serba cepat dan masyarakat pun kelihatannya sudah bersinergi dengan situasi dan kondisi itu. Fungsi kontrolnya juga sangat terbuka untuk bisa lebih maksimal, karena peran pers salah satunya paling strategis di mata kami.” Tuturnya.

Saya mengapresiasi yang disampaikan di lingkup pemerintah kota bandung itu masih sangat proposional. Masih secara mayoritas sangat berbanding. Jadi ruang-ruang apa yang menjadi hak apabila ada institusi atau siapapun yang merasa kurang berimbang itu harus segera di konfirmasi supaya tidak ada pihak yang merasa di rugikan. Saya berharap intensitas komunikasinya harus saling melakukan inisiasi jangan selalu pemerintah yang mengiinisisasi. Sekarang pemerinta diajak Pers untuk hal yang baik.“ pungkas Ema.

Pewarta :Benny P

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here