Pemkab Magetan Barharap Inovasi Dari Desa

0
12

Magetan, SMI.-

Gelar Busa Inovasi Desa, Pemerintah Kabupaten Magetan berharap gerakan inovasi terkait pemberdayaan dan  peningkatan SDM lebih menggeliat dari desa. Bertempat di Gedung Olagraga Ki Mageti Magetan, ratusan perwakilan dari Desa serta Tim Inovasi Kabupaten Magetan mengikuti acara pembukaan oleh Bupati Magetan yang diwakili Sekretaris daerah Kabupaten Magetan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa kabupaten Magetan Drs. Iswahyudi Yulianto M.Si mengatakan, Bursa Inovasi Desa merupakan kesempatan yang diberikan pemerintah untuk desa agar bisa membangun ekonomi produktif.

“Ini kesempatan untuk desa agar bisa berinovasi. Melalui bursa inovasi desa mereka berkumpul saling tukar informasi inovasi apa yang ada di desa lain yang bisa dikembangkan di desa mereka. Bursa inovasi desa ini bisa memotivasi desa untuk membangun hal-hal yang baru,” ujarnya.

Sementara dalam sambutannya, Bupati Magetan yang diwakili  oleh Sekretaris Daerah ambang Trianto berharap bursa inovasi desa bisa menjadi penggerak produk unggulan di 207  desa di Magetan yang berorientasi pasar. Melalui Bursa Inovasi desa pemerintah daerah juga berharap berkembangnya industry rumahan yang mampu menyerap SDM usia prosuktif yang saat ini berlimpah di Kabupaten magetan.

“Melalaui Bursa Inovasi desa kapasitas aparatusr desa juga diharapkan mengalami peningkatan dalam kemampuan memanagemen program pemberdayaan konomi dan penguatan basis ekonomi makro desa,” ucapnya.

Dalam kegiatan Bursa Inovasi Desa di Gor Ki Mageti juga diberikan penghargaan kepada para penggiat perkembangan tekhnologi yang menghadirkan sejumlah inovasi, seperti peternakan burung puyuh di Desa Bendo yang memanfaatkan tekhnologi tepat guna, untuk penngkatan budidaya telur burung puyuh. Bursa Inovasi Desa  juga diharapkan menjadi sarana penguat kapasitas  layanan administrai sosial dan pemerintahan desa dalam pengembangan produk unggulan yang mengikuti perkembangan informasi dan tekhnologi.

“Ada komitmen kita disini untuk tahun depan kita kan sepakat untuk menggunakan dana desa untuk membangun inovasi di desa,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa kabupaten Magetan Drs. Iswahyudi Yulianto M.Si. **Goes

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here