Pemerintah Kelurahan Kepolorejo Gelar Tasyakuran Di Punden “Sono Keling”

0
86

Magetan,SMInews.com Tradisi syukuran memang sering di laksanakan oleh pemerintah kelurahan Kepolorejo, Kabupaten Magetan beserta warga dalam tradisi bersih desa,yang di laksanakan di setiap bulan Muharram atau Bulan Suro setiap tahun nya.

Seperti halnya pada hari ini, Kamis (17/09/2020) Kepala Kelurahan beserta perangkat, Anggota Polsek Kota, Perwakilan Disparbud Magetan, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat serta warga berbondong-bondong memadati lingkungan Punden Desa “Sono Keling” untuk melaksanakan tasyakuran dan Do’a bersama.

Punden Kepolorejo “Sono Keling” merupakan sebuah makam kuno dengan komponen penyusun berupa batu andesit. Pada nisan dan beberapa bagian lain dari makam ini terdapat inkripsi yang ditulis dengan aksara kuadrat. Aksara tersebut merupakan Aksara Kawi yang ditulis dengan bentuk huruf menyerupai kotak / bujursangkar. Aksara ini banyak dijumpai pada prasasti-prasasti dari masa Kerajaan Kediri dan Singosari.

Dalam hal ini Kepala Kelurahan Kebonagung Ikhsan Badra Abiwara, S.STP mengutarakan bahwa kegiatan kali ini merupakan tradisi yang turun temurun dari leluhur, yang mana harus dilestarikan, mengingat tradisi seperti ini sudah mulai pudar.

“Kegiatan tasyakuran dan Doa bersama ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya yang juga sebagai kegiatan bersih desa, Kegiatan seperti ini juga sebagai nguri-nguri budaya leluhur dari nenek moyang kita yang turun temurun sejak dulu dan harus tetap kita lestarikan,mengingat tradisi seperti ini sudah mulai pudar” tuturnya.

“Meski dalam masa pandemi Covid-19 seperti ini, tetap kita laksanakan dengan penerapan protokol kesehatan, serta dikemas dengan sesederhana mungkin, karena ini tradisi dari nenek moyang kita. Tidak hanya membersihkan lingkungan saja, yang namanya bersih desa ini kita juga membersihkan diri, yaitu hati dan fikiran. Mudah-mudahan dengan kegiatan seperti ini kita senantiasa diberi kesehatan, keselamatan, dan rejeki yang barokah, serta di jauhkan oleh marabahaya apapun” tambahnya.

Sebagai wujud syukur Kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dan penutup acara, Kepala Kelurahan beserta warga yang lainya makan bersama di lingkungan punden.

Pewarta : Gun

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here