Pemberdayaan Masyarakat Melalui Bank Sampah

0
19

Tasikmalaya, SMI.- Masyarakat Kampung Joglo Desa Cibahayu Kecamatan Kadipaten Kabupaten Tasikmalaya kini sudah tidak repot lagi membuang sampah. Karang Taruna Kampung Joglo bersama para pengurus RT, RW, Kepala Dusun dan Kepala Desa berinisiatif mendirikan Bank Sampah.

Ridwan sebagai penggagas Bank sampah menjelaskan bahwa Bank sampah ini didirikan atas dasar kerjasama para pengurus wilayah. Di mana Bank sampah ini sudah berjalan kurang lebih lima bulan. Adapun keuntungan dari berdirinya Bank sampah ini, masyarakat tidak lagi kebingungan membuang sampah.

Biasanya sebelum ada Bank sampah ini masyarakat membuang sampah sembarangan, sehingga efek dari buangan sampah itu kurang baik bagi kesehatan. Sekarang sampah itu bisa mereka kumpulkan, lalu dalam jangka waktu seminggu sekali bisa di setorkan ke bank Sampah.

Keuntungan dari adanya Bank sampah sudah jelas. Yang pertama wilayah kampung akan bersih dari sampah, selain itu mereka para Ibu rumah tangga yang sudah masuk anggota sekitar 150 orang bisa juga merasakan hasil daripada setoran sampah itu. Sampah yang mereka setor akan ditimbang, lalu hasilnya di masukan rekening sebagai tabungan mereka, lalu dalam satu bulan Bank sampah mengadakan rapat anggota bulanan. Nanti hasilnya akan terlihat di saat rapat anggota.

“Alhamdulillah adanya Bank sampah ini masyarakat cukup Antusias” Ujar Ridwan.

Kepala Desa Cibahayu Erin Nurudin mengatakan bahwa dengan adanya Bank sampah ini, sangat bagus dan memang cara seperti inilah yang di sebut pemberdayaan. Berbagai keuntungan bisa di rasakan oleh masyarakat di Bank sampah ini, di antaranya bisa merangkul beberapa orang tenaga kerja dalam mengelola Bank sampah ini.

Selain itu, sebagai Kepala Desa sangat bangga dan mendukung adanya Bank sampah ini, sebab hasil dari keuntungan Bank sampah ini bisa dirasakan warga masyarakat, bahkan sudah bisa mengadakan santunan bagi anak Yatim dan jompo.

“Mudah mudahan Bank sampah ini terus berjalan dan bahkan harus di kembangkan lebih luas lagi. Jadi mari kita dukung bersama sama agar Bank sampah ini bisa terus berjalan sesuai harapan kita semua. Kami yakin Bank sampah ini akan bisa meminimalisir anak anak muda pengangguran” Pungkasnya.

Pewarta : HS

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here