Pemberdayaan Masyarakat Melalui BANK Sampah

0
5

Tasikmalaya, SMI.- Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Kadipaten Kabupaten Tasikmalaya menggelar kegiatan Capturing Bank sampah di Kampung Tagog RT. 01/03 Desa Buniasih Kecamatan Kadipaten. Tujuan dari Tim Pelaksana Inovasi Desa yaitu untuk lebih mengoptimalkan penggunaan Dana Desa dengan menggali Inovasi baru yang berkaitan dengan kepentingan Perekonomian Masyarakat.

Ketua TPID, Ade mengatakan, banyak potensi yang sebetulnya bisa menghasilkan pendapatan, sekalipun dari barang yang sudah dibuang salah satu contoh Sampah. Daripada di buang sembarangan, selain merusak kesehatan, sampah juga membuat lokasi sekitar tidak nyaman. Tim Inovasi mencoba untuk menggali potensi dari sampah menjadi sebuah berkah yang mendatangkan penghasilan bagi Masyarakat.

“Bank sampah ini jika di kelola dengan baik, kami yakin akan bagus perkembangannya di masa yang akan datang. Jadi, menurut kami kita harus mencari dan menggali potensi apa saja yang sekiranya bisa menambah pendapatan masyarakat. Sehingga barang barang bekas rumah tangga itu harus di sulap supaya bisa jadi ladang ekonomi” Ungkapnya.

Ade berharap Bank sampah ini bisa berjalan sesuai harapan semua, supaya Masyarakat merespon baik terhadap keberadaan Bank sampah ini. Jika di gali dengan sungguh sungguh soal sampah, beberapa keuntungan akan dirasakan masyarakat. Yang pertama sampah tidak akan berceceran di sembarang tempat, sebab bisa di salurkan melalui bank sampah, Kesehatan masyarakat juga akan terjamin.

“Selain itu, cepat atau lambat sampah bisa bernilai ekonomis. Dimana dari sampah bisa mendapatkan penghasilan bagi warga sekitar tergantung kemauan pengurus itu sendiri. Jika Inovasi Bank sampah ini maju, akan menjadi salah satu Inovasi yang jadi contoh bagi Desa Desa yang lainya. Makanya kegiatan ini harus di dorong berbagai pihak terutama Pemerintahan Desa yang punya kebijakan” Ucapnya.

 

Pewarta : HS

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here