Pembangunan TPS 3R Citarum Harum Program Kementerian PUPR

0
109

Kab. Bandung, SMInews.com Kementerian PUPR membangun Tempat Pemrosesan Sampah  (TPS) 3R (Reduce, Reuse dan Recyle) Citarum Harum di Desa Bojongmanggu Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Bandung dengan anggaran dari APBN tahun 2020.

Dengan adanya pembangunan TPS ini, manfaatnya langsung dirasakan masyarakat. Dengan program pengelolaan sampah 3R, masyarakat dapat merubah kondisi dan dampak sampah dapat ditanggulangi serta dapat menambah penghasilan dari sampah tersebut.

Menurut Tim dari Kementerian PUPR Novi, dengan TPS 3R ini masyarakat dapat memilah sampah yang memiliki nilai ekonomis, dari sampah tersebut dapat menambah uang untuk kebutuhan sehari hari.

“Nantinya setelah di bangun, TPS 3R ini jangan hanya menjadi monumen saja, akan tetapi digunakan dalam penanganan sampah di Desa Bojobgmanggu. Setelah dibangunnya TPS 3R ini, kami berharap masyarakat harus bisa memanfaatkan serta dapat hasil dalam penangganan sampah dan pengelolaan sampahnya” ungkapnya.

Novi menambahkan bahwa di Desa Bojongmanggu juga ada pengelolaan sampah yang mengunakan Maggot untuk mengurai sampah Organik yang dilakukan di Rumah Maggot Bandung (RMB) yang telah dia kunjungi.

Sementara itu, ketua Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Dadang mengatakan “Kami KSM tetap atas petunjuk kepala Desa Bojongmanggu dan pelaksanaan pembangunan TPS 3R dibangun dikampung Sangge RT 03 RW 004 dikarenakan disini merupakan TPS Desa Bojongmanggu sudah berjalan sangat lama dan sudah dapat penanggulangi sampah yang berada di wilayah Desa Bojongmanggu”.

Pewarta : Agus Rahmat

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here