Pemandian Air Panas Berkhasiat Di Sumur Sukasono Garut

0
89

Garut, SMI.- Pemandian air panas Sukasono yang terletak di Kampung Sumur Desa Sukasono Kecamatan Sukawening Kabupaten Garut Jawa Barat, menjadi salah satu tempat wisata popular dikalangan wistawan. Selain khasiat air panasnya, pemandian air panas ini dipercaya dapat membuat bahagia para pengunjungnya.

Air panas yang berada di Sukasono ini bersumber dari Gunung Api Talagabodas yang jaraknya sekitar 25 km dari tempat ini. Selain memiliki panorama yang menarik, fasilitas wisata disini juga lengkap.

Yang unik, hanya di tempat inilah ada air panas di Kampung Sumur. Airnya keluar langsung dari mata air yang kini dijadikan pemandian. Bahkan ada sebagian pengunjung yang menjadikan  pemandian ini sebagai tempat mediasi dan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit.

Dulunya pemandian ini merupakan kawasan situ atau danau air panas. Namun berbeda dengan pemandian air panas di tempat lainnya yang terkedang sedikit beraroma belerang, air panas Sumur disini selain jernih juga tak berbau. Airnya tak ubahnya air tawar biasa. Suhunya pun tidak terlalu panas, sekitar 25 sampai 30 derajat Celcius.

Pemandian disini terdiri dari tiga kolam renang, satu kolam besar dan dua kolam kecil serta satu kolam lagi sebagai wahana perahu angsa.

Lokasi pemandian sangat mudah dijangkau, baik dengan roda dua maupun roda empat sebab berada tepat di pinggir jalan Desa Sukasono.  Berjarak sekitar 1,5 km dari perempatan Pasir Jengkol.

Meskipun lokasinya berada di tengah perkampungan, namun suasana alam pemandian air panas Sumur cukup menarik, ke arah Barat pemandian bisa melihat suasana pesawahan yang terhampar luas, sementara ke arah Timur terlihat pegunungan Cikarees. Disebelah utaranya ada beberapa rumah penduduk di kawasan pemandian, namun suasananya masih alami sehingga bisa diajdikan tempat refreshing dan kumpul bersama keluarga.

Tiket masuk ke pemandian ini  relatif murah, hanya Rp 10.000_- 15.000/tarif di hari kerja, sedangkan dihari Libur/ besar tiket Rp.15.000 – Rp. 20.000/ Orang Dewasa.

Satu hal, Anda boleh percaya boleh juga tidak. air panas dari kawasan Kampung Sumur pernah menghebohkan Jawa Barat sebab dianggap bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Tahun itu Sumur dikunjungi warga dari berbagai daerah, di antaranya dari Tasikmalaya, Bandung, Tanggerang, Bogor, Subang dan daerah lainnya dengan tujuan mandi atau minum di air mujarab tersebut. Selain itu air mujarab Kampung Sumur pun pernah dikapalkan ke Kalimantan karena banyak warga Kalimantan yang meminta dikirimi air berkhasiat.

 

Pewarta : Ayi Ahmad

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here