Pelatihan Mangemen Keuangan Pengusaha Bumdes

0
7

Magetan, SMI.-

Ratusan pengusaha Bumdes Kabupaten Magetan mendapat pelatihan peningkatan kemampuan pengelolaan keuangan untuk meninngkatkan kemampuan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).  Kegiatan yang digelar oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa kabupaten Magetan menghadirkan langsung pihak perbankan untuk memberikan materi pelatihan.

“Kita ajak langsung salah satu bank di Magetan untuk memberikan materi pelatihan yang sekaligus menjadi mitra bagi pengusaha Bumdes kedepannya,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Magetan Drs. Iswahyudi Yulianto M.Si

Bertempat di gedung olah raga Desa Selosari, ratusan pengusaha Bumdes dikenalkan langsung dengan tekhnologi perbankan, untuk mengelola usaha bumdes yang bergerak di bidang layanan publik seperti pembayaran rekening  listrik dan rekening air. Selain sebagai nara sumber, pihak perbnkan juga ditunjuk sebagai mitra pengusaha bumdes untuk lebih meningkatkan kemudahan layanan publik melalui kemudahan tekhnologi berbasis aplikasi.

“Dengan hadirnya motivasi ini, ada 2 program yang kami kembangkan. Satu belajar dari pengalaman pengusaha yang sudah berhasil, yang kedua kami kerjasama dengan bank untuk membuat system tata cara managemen Bumdes yang baik itu bagaimana. Nanti akan kita berikan aplikasi, temen di Bumdes menggunakan aplikasi ini” imbuh Iswahyudi.

Melalui pelatihan peningkatan kualitas SDM dalam pengelolaan keuangan, Drs. Iswahyudi Yulianto mengharapakan bumdes mampu mengembangkan potensi di desa diluar jasa layanan publik, seperti simpan pinjam, pembayaran rekening listrik dan pembayaran rekening air, mengingat  masih banyak potensi desa yang mampu meningkatkan pendapatan Bumdes yang belum tersentuh pengelolaan.

“Saat ini Bumdes terfocus hanya pada simpan pinjam, pengelolaan pembayaran listrik dan air, banyak peluang yang bisa di lirik seperti pertokoan. Bumdes nanti bisa melihat peluang lain  di desa masing-masing,” ucapnya.

Dengan platihan peningkatan kualitas pengurus Bumdes, diharapkan Kecakapan pengusaha bumdes dalam mengelola pontensi peluang usaha di desa akan mampu memberikan peningkatan kualitas kesejahteraan masyarakat di desa melalui maksimalisasi pengelolaan potensi lokal desa. **Goes

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here