Pelantikan Ketua Baznas periode 2020-2025

0
7

Sumedang, SMI.-Melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan Baznas Kabupaten Sumedang dari H. Ali Badjri, sosok muda millenial Ayi Subhan Hafas kini menjabat Ketua Baznas Kabupaten  Sumedang periode 2020-2025.

Pelantikan Ayi resmi dilakukan langsung oleh Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir dengan disaksikan oleh Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan, Ketua DPRD Kabupaten Sumedang Irwansyah Putra, unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah Herman Suryatman, Ketua TP PKK Kabupaten Sumedang Hj. Susi Gantini, Ketua Baznas Kabupaten Sumedang periode 2014-2019 H. Ali Badjri, perwakilan Baznas Republik Indonesia dan Baznas Provinsi Jawa Barat, para pimpinan Baznas se Jawa Barat, para muzaki, dan tamu undangan lainya.

Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang Bupati dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada pengurus Baznas periode sebelumnya yang telah menunjukkan kinerja dan prestasinya dengan baik.

“Saya ucapkan terima kasih terkhusus kepada Pak Ali Badjri atas kerja keras dan kerjasamanya dengan pemerintah daerah dalam melaksanakan tugas-tugas sebagai pimpinan Baznas tentunya dalam mendukung program Sumedang Simpati. Semoga segala bentuk perjuangan, pengorbanan, curahan tenaga dan materinya dibalas Allah SWT,” ucapnya.

Dikatakan Bupati, Baznas periode sebelumnya syarat dengan prestasi mulai dari  tingkat provinsi sampai nasional. Lebih dari itu, secara subtantif Baznas Sumedang telah dirasakan kemanfataannya oleh masyarakat Sumedang.

“Itulah substansi dari kehadiran Baznass sebagai institusi yang memberikan kemaslahatan kepada masyarakat terutama kepada mustahiq,” ungkapnya.

Masih menurut Bupati, kepengurusan Baznas sebelumnya telah meletakkan pondasi yang sangat kuat untuk mengembangkan Baznas ke depan sehungga menjadi tantangan Baznas yang baru untuk dapat mempertahankan yang sudah didapatkan sebelumnya, dan meningkatkan prestasi kedepannya.

“Saya harap pengurus Baznas yang baru betul-betul bisa melanjutkan apa yang telah dicapai oleh pengurus Baznas sebelumnya bahkan harus lebih berprestasi lagi” ujarnya.

Ditambahkan Bupati, kepengurusan Baznas yang baru diisi dengan usia-usia muda, menjadikan Baznas Millenial yang dimiliki  Kabupaten Sumedang.

“Silahkan lanjutkan dengan baik. Jangan lupa kerja sama dengan semua unsur. Karena setiap organisasi itu akan berhasil dengan baik jika bisa berkolaborasi. Apalagi kita terus mendengungkan konsep pentahelix melalui lima pilar, yaitu pilar akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah dan media,” ungkapnya.

Terakhir Bupati mengatakan, kunci-kunci untuk mencapai kemajuan yaitu pertama pengurus Baznas harus meluruskan niat, kedua ikuti kegiatan sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku, ketiga buat program dan kegiatan yang betul-betul berdampak pada visi misi Baznas dan visi misi Sumedang Simpati, keempat buat inovasi inovasi baru, dan kelima buat legacy yang baik.

“Saya harap Baznas Sumedang menjadi role model untuk Baznas-Baznas di Indonesia. Komitmen Pemda terhadap Baznas akan terus ditingkatkan. Setiap program Baznas indikator kinerjanya harus jelas dan tentu saja harus mendukung program Sumedang Simpati. Selain itu, Baznas Sumedang harus bisa menciptakan lapangan pekerjaan dengan modal-modal yang produktif, serta bagaimana Baznas Sumedang bisa menjadi bagian solusi untuk menurunkan angka stunting di Kabupten Sumedang,” ungkapnya.

Sementara itu, Ayi Subhan Hafas selaku Ketua Baznas Kabupaten Sumedang periode 2019-2020 mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah atas kepercayaan untuk mengelola zakat di Kabupaten Sumedang.

“Insyallah kepercayaan itu akan kami laksanakan dengan sebaik baiknya. Kami mohon doa restu dari semua masyarakat Sumedang agar kami dalam menjalankan amanah ini diberi kelancaran dan kekuatan,” ucapnya.

Ayi juga mengatakan dirinya mewarisi Baznas yang sangat luar biasa yang penuh dengan prestasi dari kepengurusan Baznas sebelumnya.

Menurutnya sebagai generasi muda harus bisa menjaga serta mengembangkan prestasi kepemimpinan Baznas terdahulu.

“Insyaallah apa yang sudah dibangun pengurus yang lama akan tetap kami laksanakan karena kami mempunyai prinsip melestarikan dan memelihara nilai-nilai yang sudah dijalankan dan kami akan terus berupaya untuk terus berinovasi untuk kemajuan Baznas di Kabupaten Sumedang,” kata Ayi.

Ayi juga menegaskan Baznas dibawah kepemimpinannya akan tetap hadir menjadi bagian dari solusi, bagian dari mitra pemerintah dan membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan dan masalah-masalah sosial lainnya.

“Kerjasama yang sudah dibangun oleh pengurus sebelumnya akan kita lanjutkan dan tingkatkan,” tukasnya.

Pada kesempatan yang sama Ketua Baznas periode sebelumnya, H. Ali Badjri  mengucapkan selamat kepada pengurus Baznas yang baru dilantik.

“Insyaallah kepengurusan Baznas yang baru dalam mengemban tugasnya akan sukses. Tugas ke depan akan sangat berat, namun para amil zakat baik di tingkat Desa ataupun Kecamatan akan menunjangnya,” pungkasnya.

Pada kegiatan tersebut diserahkan pula memori serah terima jabatan pengurus Baznas masa bakti 2014-2019. Dengan diserahkannya memori tersebut diharapkan dapat dipergunakan sebagai salah satu dasar pelaksanaan tugas sekaligus sebagai media informasi bagi Ketua dan Wakil Ketua Baznas yang baru dalam mengelola zakat.

Pewarta : Y. Rusmana

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here