Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji Anggota Panwas Kecamatan Kadipaten

0
27

Tasikmalaya, SMI.-

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Kadipaten melaksanakan Pelantikan dan sumpah janji kepada 110 Anggota Panwas se Kecamatan Kadipaten di Aula Desa Buniasih, Senin (25/3/19).

Dalam sambutanya, Ketua Panwas Kecamatan Kadipaten Henhen Hendriana mengatakan bahwa  acara ini adalah pelantikan dan bimbingan terhadap 110 anggota Panwas se Kecamatan Kadipaten. Intinya, bimbingan dan pelatihan ini dilaksanakan mengacu pada Undang – undang No. 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu.

“Tugas sebagai pengawas tentunya bukan hal yang mudah. Sehingga mereka setiap anggota harus paham juklak dan juknisnya. Pelatihan inipun tentu mencakup berbagai teknis yang harus di pahami mereka. Kami yakin setelah adanya pelatihan dan bimbingan ini seluruh anggota Panwas akan paham apa yang seharusnya mereka kerjakan” Katanya.

Henhen juga menjelaskan bahwa pengawasan harus bertanggung jawab di dalam pelaksanaan nanti. Terutama pasca pencoblosan, mereka harus kawal hasilnya dari mulai tingkat KPPS Desa sampai tingkat Kecamatan. Adapun tugas mereka di sebar di setiap TPS yang ada di Kecamatan Kadipaten masing –  masing satu orang satu TPS. Pengawasan bukan hanya mengawasi hasil akhir pencoblosan akan tetapi, mereka juga harus tanggap jika ada permasalahan yang muncul, baik dari warga maupun dari pihak KPPS setempat.

“Jika hal demikian muncul, anggota harus sigap menyikapi dan memfasilitasi masalah yang ada. Jangan sampai ada masalah sepele berkembang jadi besar. Adapun permasalahan yang muncul tentu beragam, ada masalah serius dan ada masalah yang tidak seberapa. Itu tentunya harus jadi kajian petugas Panwas di TKP, harus bisa memberikan solusi supaya masalah tersebut selesai di tempat. Tapi kalau memang perlu bantuan Panwascam, tentu kami siap bekerjasama” Paparnya.

Henhen meyakini  di Kecamatan Kadipaten akan berjalan Aman dan kondusif. Dia juga mengajak kepada semua pihak, baik itu para tokoh Ulama, tokoh Pemuda, tokoh masyarakat dan Organisasi kemasyarakatan yang ada di Kecamatan Kadipaten, untuk bersama – sama mensukseskan Pemilu tanggal 17 April 2019 .

”Pemilu ini adalah pesta Demokrasi yang seyogyanya harus kita nikmati bersama dengan suka ria. Mari kita berduyun – duyun ke TPS, gunakan hak kita berdemokrasi “Pungkasnya. **HS

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here