Pelantikan dan Pengambilan Sumpah DPRD Garut, Diwarnai Unjuk Rasa LPKLG dan KMB

0
5

Garut, SMI.– Pelantikan dan pengambilan sumpah janji 50 orang anggota DPRD Kabupaten Garut terpilih periode 2019-2024, diwarnai oleh aksi unjuk rasa dari ratusan massa yang mengatasnamakan Lembaga Pedagang Kaki Lima Garut (LPKLG) dan Koalisi Masyarakat Bersatu (KMB), di Jalan Terusan Pahlawan, Kelurahan Sukagalih, Kabupaten Garut. Selasa (13/08/2019)

Dalam unjukrasa tersebut sempat terjadi bentrokan antara pendemo dan pihak keamanan, dan tiga  orang pengunjuk rasa diamankan petugas keamanan.

Salah satu koordinator aksi, Rawing Rantek, dari Koalisi Masyarakat Bersatu (KMB) menilai sikap pemerintah untuk tetap merelokasi PKL adalah bentuk arogansi yang tidak memperhatikan kesejahteraan rakyat kecil.

“Para PKL merasa sudah berkali-kali bertemu dengan Bupati, bahkan berdemo namun pemerintah tetap melakukan relokasi” ujar Rawink.

KMB dan LPKLG berharap Pemkab Garut mengkaji ulang Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2015 tentang K3. Pihaknya menilai Perda tersebut banci, dan tidak sesuai dengan RUTR Kota. Pasalnya, dalam Pasal 8 hurup j disebutkan, menggunakan badan jalan untuk  tempat usaha, kecuali yang ditempatkan untuk lokasi PKL terjadwal dan terkendali sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Berkat kesigapan aparat gabungan dari Polisi dan Satpol PP untuk bernegosiasi dengan perwakilan Pedagang Kaki Lima Garut (PKLG), akhirnya para demonstran meninggalkan lokasi dengan tertib.

Ditempat terpisah Bupati Rudy Gunawan, usai menghadiri Rapat paripurna pelantikan anggota DPRD Kabupaten Garut terpilih tahun 2019-2024 mengatakan “Kami ingin berdialog dengan para PKL dan siap menemui pedagang. Jajaran Pemeritahan kabupaten siap berdialog dengan para pengurus PKL, yang kami tahu para PKL menginginkan kembali berdagang di Jalan Ahmad Yani dan Kawasan Alun-Alun Garut. Sementara kami disana ingin ada satu etalase. Kami tidak melarang PKL berdagang. Boleh berjualan di Jalan Ahmad Yani juga tapi dari Sumbersari kesana, di Cikuray boleh,” terang Bupati.

 

Pewarta : Ayi Ahmad

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here