Pagelaran Wayang Virtual

0
101

Magetan,SMINews.com Para pekerja seni di Kabupaten Magetan mengalami dampak ekonomi yang luar biasa, karena adanya pandemi Covid-19, yang menjadikan para pekerja seni ini tidak bisa tampil di masyarakat. Para pekerja Seni, seperti Dalang serta sinden kini berkolaborasi menggelar pagelaran Wayang Peduli Kemanusiaan “Pagelaran Wayang Virtual” melalui media sosial, Rabu (24/06/2020).

Disponsori Giyanto H. Prayitno dan Putri H. Prayitno, pagelaran wayang virtual yang dengan dalang Ki Putut Puji Agusseno,S.Sn,M.Sn dengan lakon “Kusuma Jatisrana”, para pecinta budaya jawa (Wayang Kulit) bisa di nikmati di rumahnya masing-masing bahkan di manapun melalui media sosial.

Seperti yang diutarakan Ki Putut Puji Agusseno,S.Sn,M.Sn (Dalang) bahwa pagelaran Wayang Kulit tersebut di gelar semata-mata bentuk rasa cinta seni khususnya di bidang seni perdalangan.

“Latar belakang diadakan pagelaran wayang kulit virtual ini semata-mata bentuk rasa cinta seni khususnya di bidang seni perdalangan, yang sebelumnya sudah terwadahi didalam organisasi yang baru di bentuk yaitu ‘Seniman Digdoyo Magetan’ atau bisa di bilang sakti ,yang artinya dalam masa pandemi Covid-19 ini yang terdampak ekonomi salah satunya para pekerja seni.”tuturnya.

“Kita di sini sebenernya hanya relawan saja yang mempunyai ketulusan hati agar di perhatikan dari pihak Pemerintah, tapi alhamdulillah ada donatur dari Jakarta yaitu Bapak Gianto yang membantu dalam acara pada malam hari ini” imbuhnya.

Pagelaran Wayang Kulit Virtual seperti ini tidak hanya di pagelarkan pada malam itu saja, akan tetapi juga akan di pagelarkan pada tanggal 25 hingga 1 Juli mendatang, tempat dan dalangnya juga berbeda-beda.

Para pekerja seni ini mempunyai keinginan yang tinggi di tengah-tengah Pandemi Covid-19 yaitu di ijinkan pentas oleh Pemerintah seperti halnya penggiat pariwisata, pasar dan lainnya.

Pewarta : Gun

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here