Ormas PP PAC Kec. Kadipaten Kab. Tasikmalaya : Deklarasi Lawan Hoax

0
38

TASIKMALAYA, (SMI).-

Akhir-akhir ini dunia maya banyak dimunculkan informasi dan berita palsu atau lebih dikenal dengan istilah “hoax” oleh sejumlah oknum yang tidak bertanggungjawab. Jika tidak ada kehati-hatian, netizen pun dengan mudah termakan  hoax tersebut bahkan ikut menyebarkan informasi palsu itu, tentunya akan sangat merugikan bagi pihak korban fitnah.

Menanggapi banyaknya hoax yang beredar, Ormas Pemuda Pancasila (PP) Pimpinan Anak Cabang (PAC) Kecamatan Kadipaten Kabupaten Tasikmalaya bertekad untuk melawan hoax dengan mengelar Deklarasi Melawan Hoax, Jum’at (16/3/18).

Menurut ketua PAC Ormas PP Kec. Kadipaten Tasikmalaya, Halim Saepudin, Ormas PP Menyatakan Lawan Hoax karena berita hoax sangat meresahkan masyarakat. Dengan beredarnya berita hoax, masyarakat bisa kebingungan mana informasi yang bisa dipercaya.

Selain itu, dengan beredarnya berita hoax dapat merugikan salah satu pihak yang terkena fitnah, dan  Memicu perpecahan serta Berita hoax membuat fakta tidak lagi bisa dipercaya.

“Kalau berita hoax ini terus dibiarkan, maka masyarakat akan bingung untuk memilih informasi mana yang bisa dipercaya dan bisa meyebabkan perpecahan” katanya.

Halim juga menambahkan, dirinya akan mengajak dan mensosialisasikan kepada masyarakat untuk lebih teliti dalam mimilih informasi dan menghimbau agar tidak mencerna secara langsung informasi yang didapat, sebelumnya harus di cek terlebih dahulu sumber beritanya, apakah bisa dipercaya atau tidak.

“Berita dan informasi yang kita dapat harus di cek dulu kebenaranya, juga hati – hati dalam membagikan informasi kepada orang lain, baik lewat medos seperti facebook, Whatsapp dll, jangan sampai kita ikut membagikan dan menyebarkan berita hoax” Ungkapnya.

Halim juga mengajak kepada masyarakat, jika  menjumpai informasi hoax Pengguna internet bisa melaporkan hoax tersebut melalui sarana yang tersedia di masing-masing media.

Untuk media sosial Facebook, gunakan fitur Report Status dan kategorikan informasi hoax sebagai hatespeech/harrasment/rude/threatening, atau kategori lain yang sesuai. Jika ada banyak aduan dari netizen, biasanya Facebook akan menghapus status tersebut.

Untuk Google, bisa menggunakan fitur feedback untuk melaporkan situs dari hasil pencarian apabila mengandung informasi palsu. Twitter memiliki fitur Report Tweet untuk melaporkan twit yang negatif, demikian juga dengan Instagram.

Kemudian, bagi pengguna internet Anda dapat mengadukan konten negatif ke Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan melayangkan e-mail ke alamat aduankonten@mail.kominfo.go.id.

Masyarakat Indonesia Anti Hoax juga menyediakan laman data.turnbackhoax.id untuk menampung aduan hoax dari netizen. TurnBackHoax sekaligus berfungsi sebagai database berisi referensi berita hoax. *(HS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here