Ormas PP Dukung Pembangunan Desa

0
24

TASIKMALAYA, (SMI).-

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang – Undang (Perpu) No.2 Tahun2017 Pasal 59 Bahwa ormas harus bekerja sama dengan Pemerintah, Swasta dan ormas lainya. Pemuda Pancasila Pengurus Anak Cabang (PAC) Kecamatan Sukaresik, mendukung pembangunan Desa Sukaratu melalui kerjasama merealisasikan Anggaran Dana Desa.

Ketua PP Kecamatan Sukaresik, Aceng mengatakan “Sebagaimana di atur dalam salah satu butir didalam Undang-undang 2 Tahun 2017 pasal 59, kami terus mendukung segala bentuk pembangunan yang di laksanakan oleh Pemerintah Desa kami”.

Menurut Aceng hal ini dilakukan dengan tujuan agar dalam merealisasikan Dana Desa tepat sasaran dan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Sebagai Organisasi tentu harus mendorong, bukan merongrong. Karena Majunya Pemerintahan, tentu tidak luput dari dorongan serta kerjasama antara masyarakat dan Pemerintah itu sendiri dengan tujuan yang sama yaitu, ikut berpartisipasi dan saling gandeng tangan demi kemajuan Desa Sukaratu pada khususnya, dan umumnya Wilayah Kecamatan Sukaresik

“Kami tidak ingin Ormas PP Sukaresik hanya diam dan hanya meresahkan masyarakat, dan mengganggu jalanya Pemerintahan Desa. Tapi kami intruksikan kepada seluruh Anggota PP wilayah Sukaresik untuk menjaga dan mendampingi jalanya pembangunan yang sedang berlangsung di tiap Desa melalui dana Desa atau program yang lainya. Agar Para Kepala Desa merasa Aman dan nyaman di dalam pelaksanaan Pbangunan” Tambahnya.

Aceng berharap Kepala Desa tidak sungkan-sungkan untuk mengajak dan bekerjasama dengan Organisasi kemasyarakatan dalam pelaksanaan Pembangunan wilayah Desa. Adanya Ormas Pemuda Pancasila di wilayah ini, bukan untuk meng obok – obok Kepala Desa, akan tetapi untuk membantu berjalnya roda Pemerintahan Desa sesuai harapan masyarakat.

Aceng memaparkan bahwa Organisasi hanyalah sebuah nama, dan sebuah wadah untuk berkreasi saja bukan untuk di bedakan. Yang pasti wadah ini terbentuk adalah Dari Masyarakat, Oleh Masyarakat, dan untuk masyarakat. Jadi Ormas itu wajib mendukung dan mendorong segala bentuk Pembangunan yang ada di wilayahnya masing masing. Kalau Kepala Desa sedang melaksanakan Pembangunan, Ormas harus membantu bukan hanya mengkritisi, tapi kita harus ikut terjun ke lapangan dalam rangka membangun wilayah.

“Tugas Kepala Desa hanya melaksanakan tugas dan Amanah untuk menjadi pengayom dan Pemimpin Desa. Yang tentunya tugas berat ini dengan segala cara di laksanakan oleh Kepala Desa agar rakyatnya yang di pimpin bisa sejahtera, Aman dan kondusif. Jadi kita harus bantu mereka para Kepala Desa. Ucap Aceng”Jelasnya.

Ditempat terpisah, Kepala Desa Sukaratu Dede Halim mengatakan bahwa kegiatan berupa Program Dana Desa yang di turunkan sudah direalisasikan sesuai pengajuan hasil daripada Musrenbang tingkat Desa.

Realisasi dana Desa diprioritaskan untuk pembangunan jalan Desa, di mana jalan merupakan alat penunjang kegiatan warga masyarakat dalam beraktifitas. Tentunya juga target Pemerintah agar masyarakat bisa sejahtra dengan adanya Dana Desa. Maka kami fokus dalam penyaluran Dana Desa lebih kepada sarana transportasi.

“Menurut kami jika jalan memadai tentu akan melancarkan segala kegiatan masyarakat. Perekonomian akan maju jika sarana dan prasarana jalan cukup bagus. Wajib hukumnya bagi kami sebagai pimpinan dan penanggung jawab kepada masyarakat Desa Sukaratu untuk bisa mensejahtrakan mereka apapun caranya” Katanya.

Dede Halim menambahkan, Sebagai pimpinan dirinya merasa akan bangga jika sudah melihat warganya sejahtera serta ada kemajuan. Sehingga Dana Desa disalurkan langsung untuk kepentingan masyarakat melalui Tim Pelaksana Kegiatan (TPK).

“Kami hanya mengawal jangan sampai Dana Desa tidak tepat Sasaran. Namun Alhamdulillah berkat kerjasama antara Kami dan TPK cukup kondusif dan bahkan kami ucapkan terimakasih kepada Organisasi kemasyarakatn yaitu Ormas Pemuda Pancasila yang telah bekerjasama dalam pelaksanaan kegiatan ini” Pungkasnya.  **HS

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here