Objek Wisata Telaga Sarangan Dibuka Kembali Dengan Penerapan Uji Coba New Normal

0
43

Magetan,SMInews.com Pasca melalui tahapan-tahapan yang sudah dilalui oleh Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Magetan, Objek Wisata Telaga Sarangan resmi dibuka kembali dengan masa uji coba pemberlakuan new normal selama 3 bulan kedepan, yang di mulai tanggal 22 Juni 2020.

Pemkab melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Magetan membuka kembali objek wisata unggulan yaitu Telaga Sarangan. Dengan masa uji coba pemberlakuan new normal 3 Bulan kedepan, pembukaan ini bertujuan untuk memulihkan perekonomian masyarakat setempat agar bergerak kembali.

Uji coba pemberlakuan new normal wisata Telaga Sarangan dibuka langsung oleh Bupati Magetan Suprawoto, didampingi Wakil Bupati, serta Kepala Disparbud Magetan dengan ditandai pemotongan pita di pintu masuk Telaga Sarangan.

Dalam sambutannya, Bupati Suprawoto menyampaikan ada 3 hal yang bisa dipetik, yaitu pentingnya kesehatan, pentingnya menjaga rasa aman, dan harus produktif, harus akrab dengan covid selama belum ada vaksin serta lebih preventif dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kembali kawasan wisata Telaga Sarangan ini bukan berarti sudah aman dari ancaman virus Covid-19. Protokol kesehatanpun tetap diterapkan, mulai dari penyemprotan disinfektan dipintu masuk (tiket), pengecekan suhu badan, serta yang tidak memakai masker tidak diperbolehkan masuk.

Seperti yang diutarakan Bupati Magetan, Suprawoto bahwa Uji coba penerapan new normal dikawasan telaga sarangan tersebut juga sudah sesuai dengan arahan dari pusat, bahwa dari sisi kesehatan tidak boleh membawa dampak ekonomi yang terlalu dalam.

“Dengan di bukanya kembali obyek wisata telaga sarangan ini, kita juga sudah sesuai dengan arahan dari pusat, yang mana dari sisi kesehatan tidak boleh membawa dampak ekonomi yang terlalu dalam. Dan ini sudah waktunya untuk kita uji coba, dan saya yakin ini yang paling banyak hanya wisata lokal.”tuturnya

“Di sini kita juga sudah mewanti-wanti kepada pelaku wisata dan usaha selalu menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Kita juga di bantu dari wisata tangguh sarangan untuk selalu mengingatkan para pengunjung yang tidak taat pada protokol kesehatan.”imbuhnya

Di lain sisi, Venly Tomi Nicolas Kepala Disparbud Magetan mengatakan bahwa dibukanya kembali objek wisata telaga sarangan ini merupakan uji coba selama 3 bulan kedepan, dengan dibukanya kembali ini pihaknya akan terus melakukan evaluasi.

“Di bukanya kembali wisata sarangan ini merupakan uji coba selama 3 bulan kedepan, dari tanggal 22 Juni hingga 21 September 2020, tentu di sini kita perlu banyak evaluasi termasuk dari temen-temen media cara  memberikan evaluasinya bagaimana, sebab sarangan sendiri punya kontek yang berbeda dengan wisata-wisata yang lain, seperti pemukimannya, desa wisatanya yang menjadi persoalan bagi kita, oleh karena itu Bupati meminta agar memperketat protokol kesehatan nya.”jelasnya

“Dengan ini kita memohon kepada semua pihak agar membantu kami untuk memperingatkan kepada temen-temen, pengunjung serta pelaku jasa usaha wisata yang mungkin lupa menggunakan masker, cuci tangan dan juga jika terjadi kerumunan. Dan untuk kuotanya juga akan kita terapkan physical distancing, artinya jika kuotanya sudah terpenuhi akan kita tutup bagi pengunjung mulai dari tempat pembelian tiket” imbuhnya.

Pewarta : Gun

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here