Nguri-Nguri Kebudayaan dan Bersih Desa di Desa Ringin Agung Dengan Pagelaran Reog

0
137

Magetan, SMInews.com Bertempat di punden desa, yang berlokasi di dukuh Dasun tradisi dadak merak atau reog, merupakan adat budaya luhur yang harus dilakukan oleh masyarakat, seperti yang dilaksanakan di desa Ringin Agung kecamatan/Kabupaten Magetan,Tradisi ini merupakan wujud syukur dari pemerintah desa dan masyarakat dalam giat bersih desa. Walaupun di tengah covid 19 tak melunturkan tradisi leluhur dan tetap dilakukan dengan protokol kesehatan, Jum’at (11/09/2020)

Bersih desa kali ini memang berbeda dengan tahun lalu, karena ini di massa pandemi semua harus patuh dengan protokol kesehatan yang dicanangkan oleh Pemerintah Desa sendiri. Seperti halnya yang di katakan Kepala Desa Ringinagung Yuli Bagus bahwa diadakanya pagelaran reog tersebut merupakan wujud syukur kepada Tuhan, sesuai dengan petunjuk dari pemerintah akan pentingnya keselamatan dan kesehatan sesama, pihaknya juga melakukan penerapan protokol kesehatan.

“Pagelaran reog ini memang rutin kita laksanakan setiap tahun sekali dalam kegiatan bersih desa mas, ini merupakan wujud syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, selain itu sebagai wujud pelestarian budaya turun temurun dari nenek moyang kita. Dalam pelaksanaan bersih desa ini kita juga mewanti-wanti kepada para masyarakat yang ikut serta dalam memeriahkan kegiatan ini dengan penerapan ptotokol kesehatan” tuturnya.

“Dengan kegiatan ini kita berharap, seluruh lapisan masyarakat dari jajaran pemerintah dan juga warga khususnya Desa Ringinagung selalu di berikan keberkahan baik kesehatan, keselamatan, maupun rejekinya” tambah  Yuli Bagus.

Pagelaran reog ini terlihat sangat meriah dan berkesan mengundang hiburan terhadap masyarakat dan warga yang melihatnya, ketika penari dadak merak ini menunjukan aksinya di hadapan para masyarakat.

Pewarta : Gun

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here