Musran Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Cisitu

0
60

Sumedang, SMInews.com Gerakan Pramuka Kwartir Ranting  Kecamatan Cisitu Kabupaten Sumedang melaksanakan Musyawarah Ranting (Musran) untuk memilih Ketua Kwarran yang baru, periode 2020 – 2023, di SDN Corenda,  Senin (12/10/20).

Musyawarah Ranting ini dihadiri langsung Ketua Harian Kwarcab Kabupaten Sumedang, H. Dedi Hermawan Charis dan jajaranya, Muspika Kecamatan Cisitu dan para Kepala Sekolah, Serta perwakilan setiap Sekolah yang ada di Kecamatan Cisitu.

Rapat berlangsung dengan khidmat dan penuh kebersamaan, serta  tetap menerapkan protokoler kesehatan, dimana setiap peserta rapat diwajibkan menggunakan masker.

Menurut Ketua Panitia Musran Wawan Suwandi, S.Pd yang juga Ketua K3S Kecamatan Cisitu, Musran ini digelar karena kepengurusan Kwarran cisitu periode 2015 -2020 sudah berakhir pada tanggal 30 April 2020, karena adanya pandemi covid-19 maka Musran baru bisa diselenggarakan hari ini.

Wawan juga mengatakan, dasar pelaksanaan Musran ini mengacu kepada :

  1. Undang – Undang Republik Indonesia No. 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka
  2. Keputusan Musyawarah Nasional (Munas) No.07/Munas/2018 tentang anggaran dasar dan anggaran rumah tangga gerakan pramuka bab 6 pasal 97, 98, 99, 100, 101, 102, 103, 104 dan 105.
  3. Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor. 220 tahun 2007 tentang petunjuk penyelenggaraan pokok – pokok organisasi gerakan pramuka.
  4. Program kerja kwartir ranting gerakan pramuka Cisitu.
  5. Surat keputusan kwartir ranting gerakan pramuka Cisitu No. 021 tahun 2020 tentang susunan panitia Musran Cisitu 2020.

Selain itu, acara pokok  dari Musran ini adalah :

  1. Menetapkan rencana kerja kwartir ranting gerakan pramuka cisitu masa bakti 2020 -2021.
  2. Menetapkan pengurus kwartir ranting gerakan pramuka cisitu masa bakti 2020 -2021.
  3. Pelatihan pengurus kwartir ranting gerakan pramuka cisitu masa bakti 2020 – 2023

Ditempat yang sama, Ketua Kwaran Kecamatan Cisitu periode 2015 -2020 Suryati, S.Pd., M.MPd – MG mengatakan bahwa, Musran ini diselenggarakan lima tahun sekali, namun untuk ADART gerakan pramuka  yang baru  No.07/munas/208 masa bakti menjadi tiga tahun.

“Kebetulan waktu periode saya tahun 2015 sampai 2020 itu masih lima tahun, dan yang dilaksanakan hari ini kedepan. Masa baktinya menjadi tiga tahun sesuai dengan ADART yang baru” ucapnya.

Misi dari Musran ini adalah evaluasi hasil kerja masa bakti tahun lalu, kemudian meningkatkan dan mengoptimalkan rencana kerja yang belum bisa diselesaikan, termasuk rencana kerja yang baru karena didalamnya banyak partisipasi keluar, diantaranya kegiatan ke kwarcab, kwarda maupun kwarnas.

Suryati juga mengatakan, Musran ini sudah direncanakan dari bulan Ferbruari, akan tetapi karena adanya pandemi covid-19 jadi tertunda. “Kalau kami menunggu sampai masa pandemi ini habis, yang tidka tau sampai kapan itu akan memakan waktu yang lebih lama lagi, sehingga kami tidak bisa menunda lagi”.

Suryati berharap kepengurusan yang baru bisa memilih ketua yang humble, dalam hal ini bisa merekrut pengurus yang baru, baik itu resufle maupun pergantian posisi sesuai dengan kompetensinya.

“Cisitu yang sudah maju ini dengan gerakan pramuka nya, mudah – mudahan lebih maju lagi perhatiannya ke ke Pramuka, kerjasamanya dengan para Muspika, Mabiran, Tokoh – Tokoh masyarakat itu lebih ditingkatkan lagi. Karena yang saya rasakan yang sudah berjalan 5 tahun lalu kita bukan siapa – siapa dan bukan apa – apa, tanpa dukungan dari semua pihak. Mudah – mudahan pengurus yang baru kedepanya lebih baik lagi” harapnya.

Pewarta : Y. Rusmana

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here