Musdes Kiarajangkung Penyepakatan dan Penetapan APBDes 2018

0
106

TASIKMALAYA, (SMI).-

Masyarakat Desa Kiarajangkung Kec. Sukahening Kab. Tasikmalaya  mengadakan Musyawarah Desa (Musdes ) dalam rangka penyepakatan dan penetapan Perdes tentang anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) Tahun 2018 di Aula Desa, Senin (29/1). Musdes dihadiri Anggota Dewan, Camat Sukahening dan Kapospol sebagai Peninjau, Kepala Desa, BPD, TPK, perwakilan tiap lembaga, kepala Wilayah, RT, RW, PKK dan Tokoh Masyarakat.

Kepala Desa Kiarajangkung Asep Wawan ,S.Sos mengatakan beberapa hal yang disepakati dalam Musyawarah Desa yaitu RKPDes dan APBDes 2018, prioritas pembangunan infrastruktur di lima titik / lima kedusunan  yang bersumber dari Dana Desa,  Aspirasi Dewan, Bantuan provinsi  yang dialokasikan untuk pembangunan garasi desa dan penunjang kantor serta modal Bumdes  sebesar 50 juta.

Menurut Kades pembagunan infrastruktur jalan  yang belum diperbaiki sekitar 3 Km untuk jalan Desa dan 10 Km untuk jalan poros dusun.

Proses Musdes diawali dengan mendatangi setiap dusun dan menampung aspirasi masyarakat untuk mengajukan minimal empat usulan pembagunan. Satu usulan diprioritaskan dari Dana Desa dan tiga usulan lagi dari Aspirasi.

Sedangkan Anggaran Dana Desa (ADD) dialokasikan untuk kegiatan Desa, honor perangkat desa ( RT, RW, PKK, MUI, BBPD ) dan operasional kegiatan Desa atau kegiatan dinas. Jadi masyarakat mengetahui setiap alur keuangan desa dan pengalokasiannya.

“Harapan kami pembangunan Desa Kiarajangkung semakin maju , masyarakat semakin kondusif dan lebih mengerti tentang pemerintahan desa”. (Anton)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here