Mulai Diguyur Hujan, Pemkab Magetan Waspada Kawasan Longsor

0
24

 MAGETAN, SMI.-

Memasuki musim penghujan, Pemerintah Kabupaten Magetan Jawa Timur mulai mewaspadai sejumlah kawasan yang rawan longsor. Ditemui usai kegiatan upacara peringatan hari pahlawan, Bupati Magetan Suprawoto mengatakan, ada dua kawasan rawan longsor di Magetan yang harus diwaspadai, yaitu Kecamatan Poncol dan Kecamatan Panekan.

“Sudah kita himbau kepada warga untuk waspada saat musim penghujan, karena ada 2 kawasan rawan longsor yaitu Kecamatan Panekan dan Kecamatan Poncol,” ujarnya, Sabtu. (10/11/2018).

Kekhawatiran akan terjadi longsor juga dialami sejumlah warga Kelurahan Kauman Kabupaten Magetan,  yang tingal disekitar bantaran Sungai Gandong. Mereka  juga mulai khawatir dengan datangnya musim penghujan, karena salah satu sisi sungai gandong yang diwilayah pemukiman  sudah mulai longsor awal tahun kemarin. Hingga saat ini kawasan tersebut belum mendapat penanganan yang memadai dari pemerintah daerah.

Salah satu warga Kelurahan Kauman, Sugianto mengatakan bahwa sejumlah warga yang tinggal didekat kawasan bantaran Sungai Gondong yang longsor bahkan sebagian telah mengamankan sejumlah barang milik mereka. Beberapa tembok rumah warga dekat kawasan bantaran sungai yang longsor juga terlihat mulai retak .

“Kami ya khawatir kalau musim penghujan, tapi mau kemana. Kita harapkan pemerintah segera mencari solusi,” katanya.

Terkait belum adanya penanganan di kawasan bantaran Sungai Gandong, Bupati Magetan Suprawoto mengaku adanya perbedaan kewenangan, dimana  kewenangan penanganan Sungai Gandong merupakan kewenangan DAS Solo. Dia mengaku pihaknya saat ini hanya bisa menghimbau kepada warga di sekitar kawasan bantaran sungai yang rawan longsor untuk waspada.

“Sungai itu bukan kewenangn Kabupaten. Kalau kewenangan ada pada kita yo ndang tak dandani (diperbaiki),” Ucapnya. (Goes)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here