Monev & FGD Realisasi Penyerapan Anggaran KPPN Sumedang

0
21

Sumedang, SMInews.com Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sumedang menggelar Monev dan Focus Group Discussion (FGD) Realisasi Penyerapan Anggaran di Ruang Rapat KPPN Sumedang melalui Aplikasi Zoom Meeting, Kamis,  (6/8/20).

Kegiatan Monev dan FGD ini diikuti Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Pejabat Pembuat SPM (PPSPM) Satuan Kerja Lingkup Pembayaran KPPN Sumedang dengan Pembahasan terkait Realisasi penyerapan anggaran satuan kerja.

Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh Devi Juwitasari selaku pembawa acara dengan membacakan seluruh rangkaian acara yang akan dilakukan. Setelah dibuka, dilanjutkan dengan sambutan Kepala KPPN Sumedang Lili Khamiliyah, S.E. M.Si.

Lili Khamiliyah, S.E. M.Si mengatakan bahwa bagaimana caranya agar dapat menyerap anggaran secara maksimal pada triwulan III, agar pertumbuhan ekonomi menjadi naik. Dengan adanya pandemi berimbas pada krisis ekonomi dan kesehatan. Dengan adanya batasan kegiatan maka menghambat perekonomian sudah memasuki kondisi  darurat.

“Mari sama – sama memahami program pemerintah, yaitu Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) salah satunya menciptakan permintaan salah satunya dari realisasi anggaran. Untuk mengejar pencairan dengan menjaga good government sesuai dengan peraturan yang berlaku. Apakah ada dalam DIPA bapak ibu program PEN maka segera realisasikan sehingga pertumbuhan ekonomi menjadi positif” paparnya.

Lili Khamiliyah juga menjelaskan, realisasi baru mencai 57 %, masih ada satker yang realisasi dibawah 45 %, mohon segera dikoordinasikan dengan KPPN mengenai kendala yang terjadi. Sehingga kendala tersebut dapat segera diatasi. Pada Triwulan III ini merupakan kunci keberhasilan perekonomian, “Mari kita dukung bersama-sama memberikan kontribusi dan mendukung Program PEN” ajaknya.

Lili Khamiliyah mengucapkan banyak terima kasih kepada semua peserta yang telah hadir. “Mudah – mudahan semua kegiatan dapat dilaksanakan dengan sebaik – baiknya. Sekecil apapun peran satker untuk Pemulihan Ekonomi Nasional sangat berarti meskipun di masa pandemi kegiatan harus tetap berjalan. Koordinasi dan konsolidasi tetap harus dilakukan lalukan untuk mengatasi kendala kendala yang terjadi agar keluar dari krisis ekonomi”.

Pembahasan Realisasi Penyerapan Anggaran di pandu oleh Kepala Seksi Pencairan Dana dan Manajemen Satker Chairul Anwar yang diawali pemberitahuan bahwa IKPA di triwulan III dan IV dilakukan penilaian kembali, meskipun ada beberapa komponen IKPA yang tidak dinilai sebagaimana surat yang disampaikan.

“Bapak ibu dapat melihat realisasi pada aplikasi OMSPAN, silahkan  dicek khususnya untuk satker yang realiasinya masih rendah dibawah 60 %. Berdasarkan proyeksi yang disampaikan kepada kami maka realisasi dapat segera dinaikan sehingga pertumbuhan ekonomi akan tinggi” jelasnya.

Pewarta : Y. Rusmana

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here