Meninjau Curug Bu’ud Sumedang

0
19

Setelah menelusuri jalan setapak, melewati pematang sawah, dan melintasi sungai yang airnya masih jernih dengan suasana alamnya yang masih terjaga akhirnya rombongan Bupati Sumedang sampai di Curug Bu’ud.

Curug (air terjun) tersebut yang sering disebut-sebut Niagara kecil berada di Desa Sukatani Kecamatan Tanjungkerta dan 

pernah menjadi salah satu lokasi favorit warga untuk berekreasi dan berswafoto sejak empat tahunan ke belakang. Namun karena sering terjadinya longsor dan sulitnya medan menuju ke lokasi menyurutkan jumlah kunjungan wisatawan.

Untuk itu, Rabu (28/10), rombongan Pemda dan Kodim 0610 Sumedang yang terdiri dari Bupati Sumedang H Dony Ahmad  Munir beserta istri, Dandim 0610 Letkol Inf Zaenal Mustofa beserta istri, Kepala Disparbudpora Hari Tri Santosa beserta jajaran, Forkopimcam Tanjungmedar, jajaran Persit Kartika Chandra Kirana Sumedang meninjau langsung Curug Bu’ud dalam rangka perencanaan pembenahan lokasi wisata tersebut.

Bupati merasa bersyukur bisa mengunjungi Curug Bu’ud secara langsung yang ternyata menyuguhkan pemandangan begitu indah.

“Kita bersama Pak Dandim, Kapolsek, dan Camat bisa melihat potensi wisata yang masih sangat alami dan luar biasa indah. Ada curug berundak-undak yang memanjakan mata kita melihatnya,” ucapnya.

Oleh karena itu, ia akan mengkaji berbagai tahapan yang harus ditempuh untuk  pengembangan ke depannya agar lebih baik.

“Terutama aksesibilitasnya dan penataan curug di sini yang rawan longsor. Tapi alasnya air ini tanah dan batu yang keras jadi (curug) ini cukup bertahan untuk aliran airnya. Kanan kiri sepanjang sungainya yang harus ditata” ujarnya 

Ia juga melaporkan, saat dirinya melakukan peninjauan, masih ada wisatawan lokal yang sengaja melihat ke curug tersebut. 

“Ada yang dari Bandung sengaja datang kesini untuk melihat pemandangan yang masih alami. Di sini kalau kita lihat kaya ‘miniatur’ Niagara yang di Amerika,” ungkapnya.

Ia juga menerangkan, untuk aksesibilitas menuju curug hanya bisa melalui jalan setapak.

“Ada sensasinya jalan kaki dulu melewati pesawahan yang jaraknya hanya satu  kilometer sehingga menambah keseruan berwisata,” terangnya 

Ia juga mempromosikan kepada masyarakat untuk berkunjung ke Curug Bu’ud.

“Silakan lihat Curug Bu’ud di Desa Sukatani Kecamatan Tanjungmedar ini. Dijamin akan memanjakan mata kita dengan  pemandangan alamnya yang luar biasa mantap,” ajaknya.

Selesai mengunjungi Curug Bu’ud rombongan Bupati melanjutkan perjalanan untuk mengunjungi Situ Cilembang di Kecamatan Buahdua.

Pewarta : Yusman Rusmana

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here