Mengenal Pers, Pengertian, Fungsi dan Peranan Pers

0
60

Belajar Jurnalis 1

Untuk menjadi menjadi seorang jurnalis professional, diperlukan beberapa kemampuan dan keahlian serta ditunjang dengan ilmu yang memadai. Seorang jurnalis harus bisa mencari, mengolah dan menyebarluaskan informasi yang diyakini merupakan kepentingan umum.

Sebelum membahas lebih dalam tentang Jurnalis, penulis ingin sedikit memaparkan tentang Pengertian dan Fungsi Peranan Pers sebagai bekal untuk menjadi seorang jurnalis.

 Pengertian Pers

Secara etimologi, Kata Pers (Belanda), Press (Inggris) atau Presse (Perancis), berasal dari Bahasa latin Perssare yang berarti Tekan atau Cetak. Definisi terminology ialah media massa cetak.

Menurut Oemar Seno Adji, Pers dalam arti sempit mengandung penyiaran – penyiaran pikiran, gagasan atau berita – berita dengan jalan kata tertulis. Dalam arti luas adalah semua media (mass communicatioan) yang memancarkan pikiran an perasaan seseorang, baik dengan kata – kata tertulis maupun kata lisan.

Menurut Ilmu Komunikasi, Pers memiliki arti :

  1. Usaha percetakan atau penerbitan
  2. Usaha pengumpulan dan penyiaran berita
  3. Penyiaran berita melalui surat kabar, radio dan televisi
  4. Orang – orang yang bergerak dalam penyiaran berita
  5. Media penyiaran berita, yakni surat kabar, majalah, radio dan televisi.

Dalam UU No. 40 Tahun 1999 Tentang Pers, Pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis saluran yang tersedia.

Fungsi Pers

UU No. 40 Tahun 1999 menyebutkan bahwa Pers mempunyai fungsi sebagai Media Informasi, Pendidikan, Hiburan dan Kontrol Sosial serta pers juga dapat berfungsi sebagai lembaga ekonomi.

  1. Pers sebagai media informasi

Memberikan berbagai informasi yang penting dan bermakna bagi masyarakat untuk kehidupannya (berbagai bidang, aspek atau dimensi).

Contoh Informasi tentang kebijakan, program dan peraturan negara kepada masyarakat agar cepat diketahui. Pers juga menjadi sarana informasi antar individu atau kelompok-kelompok dalam masyarakat.

  1. Pers Sebagai Media Pendidikan

Pers memuat atau menyajikan tulisan-tulisan yang mengandung pengetahuan sehingga masyarakat bertambah pengetahuan dan wawasannya. Pers mendidik masyarakat untuk lebih meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan.

  1. Pers Sebagai Media Hiburan

Pers hendaknya dapat menyuguhkan berita yang menyegarkan, humor atau jenaka yang mengandung daya imajinasi yang positif, karena ini merupakan kebutuhan dasar manusia (basic human needs). Misalnya, isi Koran atau majalah yang bersifat hiburan dapat berbentuk cerpen, cerbung, cerber, TTS, karikatur dan lain sebagainya.

  1. Pers Sebagai Kontrol Sosial

Kontrol masyarakat terhadap jalannya roda pemerintahan, istilah control sosial terkandung makna demokratic atau open management yang di dalamnya terdapat unsur-unsur :

  • Keikutsertaan rakyat dalam pemerintahan (social participation)
  • Pertanggungjawaban pemerintah terhadap rakyat (social responsibility)
  • Dukungan rakyat terhadap pemerintah (sosial support)
  • Kontrol masyarakat terhadap tindakan pemerintah (social control)
  1. Pers Sebagai Lembaga Ekonomi

Suatu perusahaan yang bergerak di bidang pers memiliki bahan baku informasi yang diolah sehingga menghasilkan produk berita yang diminati oleh masyarakat dengan nilai jual yang tinggi. Pers dapat memanfaatkan alam sekitarnya sebagai nilai jual, sehingga diperoleh keuntungan yang maksimal dari hasil produksinya.

Pers sebagai lembaga ekonomi menyediakan jasa sosialnya untuk kepentingan masyarakat yang membutuhkan dengan tujuan memperoleh citra positif dan nilai jual atas program- program kerjanya. Misalnya, meliputi kegiatan bakti sosial, acara open house, atau kegiatan lainnya. Ditambah lagi bidang penjualan kolom,  advertising, kolom artikel atau kolom berita lainnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here