Publikasi Program WBK, KPPN Sumedang Lakukan Talkshow dan Dialog Interaktif On Air di Radio eRKS

0
59

Sumedang, SMI.- Memasyarakatkan program  wilayah bebas dari korupsi atau biasa disebut WBK bisa melalui media apa saja, salah satunya melalui radio. Mengingat radio sebagai salah satu media komunikasi dan informasi, radio merupakan media yang bersifat auditif, atau yang hanya  bisa didengar yang tergolong murah, merakyat dan fleksibel karena dapat dibawa kemana saja apalagi zaman  modern seperti sekarang ini.

Radio merupakan media ekspresi yang  mengandalkan suara, namun memiliki kekuatan besar sebagai media imajinasi.  Seperti halnya yang dilakukan oleh  KPPN Sumedang, pada hari Selasa pagi 23 Juli 2019 mulai jam 08.00 WIB melakukan siaran langsung di radio Kabupaten Sumedang atau biasa masyarakat menyebut  eRKS.

Acara dialog  interaktif yang di pandu oleh penyiar  Zaky, diawali dengan sapaan selamat pagi kepada pendengar eRKS. Hadir sebagai narasumber  Kepala KPPN Sumedang  Lili Khamiliyah didampingi Sakirman Kepala Seksi Verifikasi Akuntansi dan Kepatuhan Internal.

Untuk kesekian kalinya, siaran kali ini mengambil topik memasyarakatkan program Wilayah bebas dari korupsi  atau lebih populer WBK.  Pada awal siarannya, Lili Khamiliyah menyampaikan mengenai Visi dan misi serta tugas-tugas pokok dan fungsi  dari KPPN. Tak lupa mengucapkan terima kasih kepada  eRKS untuk kesekian kalinya memberi ruang dan waktu bagi KPPN untuk bisa menyampaikan program-program dan tugas KPPN.

Lili Khamiliyah juga menyampaikan bahwa pada tahun 2018 KPPN Sumedang telah lulus Standar Manjemen Mutu ISO 9001:2015 dan akselerasi WBK. Pada tahun 2019 KPPN Sumedang ditetapkan kembali ikut sebagai peserta penilaian WBK pada tingkat nasional.

Selain itu, hasil Survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Semester I Tahun 2019, dengan menggunakan kuesioner kepada seluruh Satuan Kerja lingkup pembayaran KPPN Sumedang sebanyak 29 Satker, KPPN Sumedang mendapatkan Indeks Kepuasan Layanan sebesar 5.00 (Sangat Baik) dari skala 5.00 dan Indeks Kepuasan Masyarakat sebesar 1.00.

Pada sesi selanjutnya, Sakirman menjelaskan proses WBK yang akan dilakukan penilaian oleh Kemen PAN RB dimulai dari tahap pembangunan zona integritas (ZI) yaitu mulai dari pencanangan, pelaksanaan dan penilaian.

Pencanangan Pembangunan ZI dilakukan KPPN yang pimpinan dan seluruh pegawainya telah menandatangani Dokumen Pakta Integritas, dilanjutkan dengan satuan kerja yang menjadi mitra kerja layanan.

Pencanangan pembangunan ZI dilaksanakan secara terbuka, dan dipublikasikan secara luas dengan maksud agar semua pihak termasuk masyarakat dapat memantau, mengawal, mengawasi dan berperan serta dalam program kegiatan reformasi birokrasi, khususnya di bidang pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Jadi siaran radio ini merupakan bagian dari pembangunan ZI. Proses pembangunan Zona Integritas merupakan tindak lanjut pencanangan yang harus  dilakukan oleh KPPN, yaitu memenuhi 6 komponen  kegiatan  yaitu :  Manjemen perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Sistem Manajemen SDM, Penguatan akuntabilitas kinerja, Penguatan Pengawasan dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.

Penilaian nantinya disamping 6 komponen pengungkit yang telah dilaksanakan, juga ditambah dengan komponen hasil yaitu Terwujudnya Pemerintahan yang Bersih dan Bebas KKN, yang diukur dengan menggunakan ukuran nilai persepsi korupsi (survei eksternal) dan persentase penyelesaian Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan oleh pihak Tim audit. Penilaian juga didasarkan dari seberapa besar manfaat   inovasi yang dilakukan dalam berkomitmen membangunan ZI dan  meningkatan pelayanan.

Dari hasil  dialog interaktif dengan pendengar, pada prinsipnya mendukung dan mengapresiasi program WBK yang dilakukan oleh KPPN Sumedang. Dengan harapan semoga program ini dapat diikuti oleh instansi lain di wilayah kabupaten Sumedang. Dengan ditetapkan wilayah bebas dari korupsi maka masyarakat  pengguna  layanan akan menerima layanan  sesuai peraturan yang ada bahkan layanan yang baik bisa melebihi dari harapan masyarakat.

Pada akhir siarannya Lili Khamiliyah  mengucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat Sumedang yang  mengapresiasi pembangunan Zona  Integritas  WBK, sehingga kedepan pelayanan KPPN Sumedang semakin meningkat dengan beberapa inovasinya.

Pewarta : Y Rusmana

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here