Masuk Kategori di Akreditasi, UPT Puskesmas Sukahening Terus Lakukan Perbaikan

0
118

TASIKMALAYA, (SMI).-

Mengawali Tahun 2018, Puskesmas Kecamatan Sukahening Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat terus melakukan perbaikan, baik dalam peningkatkan kinerja Pegawai, pelayanan kepada masyarakat dan Tata Graha.

Pembagian tugas saat ini sudah mulai dilaksanakan, baik di Puskesmas Induk maupun di Puskesmas Pembantu. Bahkan, sudah banyak perubahan dan penataan gedung.

Mulai tahun ini, Puskesmas Sukahening sudah memiliki Ruang Laboratorium, dan tiga orang dokter tetap, satu orang Dokter Gigi dan dua orang Dokter Umum.

Selain itu, Untuk pengadaan ruang penyakit khusus dan penyakit menular disediakan ruang Isolasi, ruang khusus lansia dan dilingkungan disekitar Puskesmas akan dibangun sarana tempat anak bermain.

“Secara Formalitas dan aturan Kementrian kesehatan No 46 Tahun 2004, mulai tahun ini Puskesmas Sukahening masuk kategori yang akan di Akreditasi. Jadi apa yang kurang akan diperbaiki dan ditingkatkan. Secara regulasi kita harus mengikuti aturan pemerintah, bahwa semua Puskesmas sesuai SKTP harus terakreditasi” Ungkap Kepala UPT Kesehatan Kecamatan Sukahening, Aep Saripudin S.K.M., M.Si.  di Kantornya (7/2/18).

Menurut Aep, selama ini Puskesmas Sukahening hanya melaksanakan Rawat jalan (Pelayanan Perorangan) dan pelayanan rawat inap di Poned serta pelayanan kegawat daruratan. Secara aturan belum bisa melaksanakan pelayanan UGD 24 jam atau sepenuhnya. Saat ini UPT Puskesmas  masih kategori Non DTP  (Dengan Tempat Perawatan).

“Rencana kedepan ingin meningkatkan status Puskesmas dari Non DTP menjadi DTP. Intinya, kami berupaya meningkatkan pelayanan lebih baik sesuai visi kita mewujudkan masyarakat kecamatan  Sukahening sehat mandiri dan berkeadilan serta Misi meningkatkan pelayanan kesehatan dasar yang merata, terjangkau, berkeadilan, berupaya meningkatkan penjagaan penyakit menular dan tidak menular serta peningkatan masyarakat sehat mandiri. Akan diusahakan semaksimal mungkin untuk dilaksanakan. Mudah – mudahan pihak Internal dan External terdorong lebih memacu kinerja dan masyarakat menerima” Pungkasnya.  (Anton)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here